Pengertian dan ciri-ciri Smartphone

Smartphone adalah istilah yang sering kita dengar, tapi apa sih sebenarnya arti dan kriteria yang dapat dikatakan sebuah smartphone? Kalau diterjemahkan langsung ke bahasa Indonesia maka smartphone berarti handphone pintar atau ponsel pintar. Dinamakan ponsel pintar karena memiliki kemampuan lebih dari ponsel-ponsel biasa (ponsel yang digunakan  hanya sebatas bertelepon dan sms). 

Smartphone memiliki kemampuan layaknya sebuah komputer mini dan juga ponsel. jadi secara singkat Smartphone itu penggabungan atara posel dan komputer. Untuk lebih memahami mengenai smartphone, berikut ini ciri smartphone:

Sistem Operasi
Ini merupakan ciri yang paling utama dari sebuah smartphone, sekarang ini sebuah ponsel dikatakan layak dikategorikan smartphone jika sudah menggunakan sistem operasi seperti android, symbian for smartphone , Blackberry, Windows mobile, dll.

Perangkat Keras
Setiap smartphone harus memiliki dukungan perangkat keras layaknya sebuah Personal Computer (PC) sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi pendukungnya. Hanya saja, perangkat keras di smartphone lebih kecil ukurannya jika dibandingkan dengan perangkat PC.

Pengolah Pesan
Satu lagi hal yang wajib ada di dalam smartphone yaitu pengolah pesan yang lebih dari sekedar SMS pada ponsel biasa. Smartphone memiliki keunggulan dalam  mengolah pesan yaitu berupa pesan email dan messenger seperti YM, BBM, dll.

Mengakses Internet/ Web
Kemampuan lain yang dimiliki oleh sebuah smartphone adalah bisa digunakan mengakses web atau bukan hanya sebatas  wap  karena konten yang disajikan di broswernya sudah hampir mendekati seperti layaknya kita mengakses web lewat komputer.


Aplikasi
Hal yang membuat smartphone banyak diminati karena dapat menjalankan berbagai aplikasi berbagai apalikasi seperti permainan layakanya permainan di komputer PC. Para produsen smartphone juga biasanya telah menyediakan tempat khusus untuk berbelanja aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pengguna.


Keyboard QWERTY
Ini adalah yang membuat tampilan smartphone terlihat begitu berbeda, dia memiliki keyboard qwerty. Walau saat ini sudah banyak ponsel biasa yang mengusung keyboard semacam ini. Namun keyboard qwerty pertama kali diadopsi oleh smartphone.


Office
Kelebihan lainya adalah aplikasi pengolah data-data office seperti Microsoft word, excel bahakan ke presentasi menggunakan power point. Setiap smartphone memiliki kemampuan  semacam  ini yang dapat diperoleh dengan  menginstal apilkasi office. Aplikasi semacam ini dapat diinstal sendiri ataupun bawaan dari pabrikan.
 
sumber : http://www.tahuinfo.com/2012/03/pengertian-smartphone-dan-ciri-cirinya.html 

0 Response to "Pengertian dan ciri-ciri Smartphone"

Posting Komentar