Sambal Ikan khas Karo.

Suku karo adalah salah satu suku di sumatera utara yang terkenal memiliki banyak sekali kuliner khas. Seperti Gulai Cipera yang sebelumnya pernah saya posting, karo juga memiliki sambal yang sangat menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Sambal (cina) Ikan Khas Karo, sambal ini menggunakan ikan suluang, cancan (ikan kecil-kecil di sungai) sebagai bahan utama. Berikut ini cara pembuatannya:

Bahan utama:
1/2 Kg ikan suluang/ anak gemoh/cancan .

Bumbu:
1/2 Setengah buah kelapa
1/2 sendok makan merica
2 siung Bawang putih
3 siung bawang merah
1 batang sere si iris2
9 buah cabai rawit (disesuaikan dengan selera)
5 buah cikala/ asam patikala
garam secukupnya.

Cara Pembuatan:
- Ikan suluang atau cancan di bakar/sale
- Kelapa di gongseng sampai berwarna agak kekuningan.
- Asam cikala di keprek
- Semua bumbu kecuali asam patikala di giling halus. supaya cita rasanya tidak hilang, sebaiknya jangan menggunakan blender.
- Cincang sampai halus kelapa yang sudah digongseng beserta ikan yang sudah di sale, selanjutnya satukan dengan bumbu dan aduk hingga merata.

Dari kumpulan bahan dan cara pembuatan, sepertinya Sambal Ikan ini dapat bertahan/ di simpan beberapa hari. Sangat cocok dijadikan menu pelengkap bagi anda yang suka berpetualang di alam bebas atau dijadikan bekal  disaat melakukan perjalanan jauh.

Resep tersebut disampaikan oleh bapak Tarigan Pa Menci dari diskusi di salah satu group suku karo di facebook. Berdasarkan penuturan beliau, Sambal Ikan khas Karo (cina ikan) tersebut paling pas dan mantap rasanya jika dimakan dengan tape pulut.

0 Response to "Sambal Ikan khas Karo."

Posting Komentar