SANGKEP NGGELUH Kalak Karo


Ibas ertutur, biasa kel kita lanai si eteh sangkep nggeluhta. Paling ngasa merga/beru ras bere-bere si biasa i iteh kita. Padahel sesungguhna kita karo ertutur perlu ka nge si sebutken kerina sangkep geluhta. Sangkep nggeluh ibas kalak karo lit enem, emekap: Merga/beru, Bere-bere, Binuang, Kempu, Kampah ras Soler. Enda ia penjelasen kerna Sangkep Nggeluh kita Karo bagi si kukutip ibas karoweb nari:

1. Merga/Beru.
Merga/Beru adalah nama keluarga bagi seseorang dari nama keluarga (merga) ayahnya. Untuk anak perempuan disebut beru. Bagi anak laki-laki merga ini akan diwariskan secara turun-temurun.

2. Bere-Bere
Bere-bere adalah nama keluarga yang diwarisi seseorang dari beru ibunya. Kalau ibunya beru Peranginangin, maka dia bere-bere Peranginangin, kalau ibunya beru Sembiring maka anaknya jadi bere-bere Sembiring, dan seterusnya.

3. Binuang
Binuang adalah nama kelaurga yang diwarisi seseorang dari bere-bere ayahnya (bere-bere bapa) atau dari marga simada dareh ayahnya atau dari neneknya (ibu dari ayahnya).

4. Kempu (Perkempun)
Kempu (perkempun) adalah nama keluarga yang diwarisi seseorang (berasal) dari merga puang kalimbubu-nya atau dari bere-bere ibunya atau dari beru neneknya (ibu dari ibunya).

5. Kampah
Kampah adalah nama keluarga yang diwarisi seseorang dari merga kalimbubu simada dareh kakeknya atau bere-bere nini (ayah dari ayahnya) atau beru dari ibu kakeknya (ayah dari ayahnya) atau beru dari istri empung-nya dari pihak ayah.

6. Soler
Soler adalah nama keluarga yang diwarisi seseorang dari marga puang nu puang kalimbubu atau merga dari singalo perkempun ibu atau beru empung (ibu dari nenek).

Jadi, ada enam nama keluarga (merga/beru) yang dimiliki setiap individu suku Karo. Dengan demikian, jelas bahwa suku Karo menarik garis keturunan secara bilateral, yakni dari pihak ayah dan ibu sekaligus.

0 Response to "SANGKEP NGGELUH Kalak Karo"

Posting Komentar

KDM on Facebook