Tipe-tipe pendukung Capres dalam sosial media

Luar biasa meriahnya pilpres 2014 ini, dimana-mana perbincangan yang paling hot adalah capres. Semua berkoar-koar, di warung kopi, kantor dan pastinya media sosial. Pendukung juga beragam mulai dari yang rada jaim, rada intelek hingga yang sekedar ikut-ikutan. Berikut ini beberapa tipe pendukung berdasarkan pengamatan saya dalam diskusi-diskusi di sejumlah group facebook.
 
Tipe 'kalem', tidak menunjukkan pilihan dan selalu realistis
Pendukung dengan 'tipe kalem' dapat dikatakan masih normal dalam mendukung seorang capres. Menyampaikan pendapat dan memberikan komentar akan selalu mencari sumber yang relevan dengan topik yang dibicarakan sehingga para pendukung yang lain tidak tahu sebenarnya dia mendukung yang capres yang mana. Pendukung dengan tipe kalem sepertinya masih tetap merahasiakan siapa capres yang didukung hingga sampai pada saat pencoblosan.

Tipe pendukung 'lebay', merasa romantis dan terlalu mengenal capres
Tipe 'pendukung lebay' akan selalu berkomentar seolah-olah tahu segala hal yang menyangkut kepribadian seorang capres. Pendapat yang disampaikan akan selalu subjektif berdasarkan perasaaannya sendiri. Komentarnya juga tidak akan jauh dari 'capres bla..blaa..jujur', capres bla..bla..baek', 'capres bla..b;a..pro rakyat' padahal visi misi capres di didukung aja belum dibaca.

Tipe pendukung 'Hip-Hip Hurey', beraninya cuma ikut yang rame
Wah, kalau pendukung seperti ini hanya ikut-ikutan arus. Jika orang rame mendukung seorang capres maka dia akan secara otomatis mendukung capres tersebut. Pendukung seperti ini biasanya akan mengikuti trend dan mudah terpengaruh dengan infromasi yang disampaikan orang lain dan tanpa pernah ada rasa ingin tau untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Dalam memberikan komentar juga akan selalu singkat. hidupp bla..bla...pilih..bla..blaa. Pendukung tipe seperti ini juga tidak jauh berbeda tindakannya dengan pendukung tipe lebay.

Tipe 'pendukung bayaran', dapat rokok separo dan baju kaos
Kalau pendukung seperti ini biasanya adalah simpatisan dari parpol. Mereka akan mendukung habis-habisan tanpa mengenal takut, mungkin karena dalam pikiran sudah ditanamkan "maju tak gentar membela yang bayar". Pendukung seperti ini biasanya memiliki pengetahuan mumpuni tentang seorang capres dan selalu memberikan komentar rada intelek.

Tipe pendukung  'sakit kronis', selalu murka dan anarkis
Tipe 'pendukung sakit kronis' sepertinya terjadi karena kurangnya kemampuan untuk mencari fakta. Pendukung kronis seperti ini juga tidak segan-segan untuk mencaci para pendukung yang lain, komentar yang disampaikan terkadang tidak masuk diakal dan hanya bersifat mencaci maki para pendukung dan capres yang lain. Tipe pendukung kronis ini lebih banyak berasal  dari hasil perubahan perilaku dari 'pendukung bayaran'.

Tipe 'Pendukung Dalang', nggak memihak yang penting rame
Pendukung ini biasanya hanya sekedar iseng dan merasa terhibur melihat 'pertarungan' kedua kubu pendukung capres. Selalu berusaha untuk membuat topik yang dapat memancing kedua pihak untuk saling memberikan arggumen.

Tipe 'Pendukung Jaim', mau berpendapat tapi pilih-pilih orang
Pendukung seperti ini biasanya pandai menempatkan diri berdasarkan topik dan teman berdiskusi. Tidak akan pernah memberikan pendapat jika membahas topik yang tidak bermanfaat dan masih diragukan kebenarannya. Jika memasuki sebuah topik juga tidak akan pernah terpancing emosi dan selalu mengalah jika merasa sudah di giring keluar dari topik yang dibahas.

Tipe 'Pendukung muka tembok', kasih pendapat/topik tetapi tidak berharap ditanggapi
Pendukung seperti ini biasanya membuat topik tetapi tidak pernah memberikan pendapat atas topik yang di sampaikan padahal kedua kubu sudah ramai membahas topiknya. Topik yang disampaikan juga hanya mengenai kelebihan dan kritikan terhadap seorang capres.

Itu dia tipe-tipe pendukung berdasarkan pengamatan saya sendiri, jika ada yang kurang silakan di tambahi..ekekeke...Satu hal yang harus kita ingat, ini POLITIK.

0 Response to "Tipe-tipe pendukung Capres dalam sosial media"

Posting Komentar