Objek Wisata di Tanah Karo: Gua Liang Ndahar Lau Buluh

Objek Wisata di Tanah Karo: Gua Liang Ndahar Lau Buluh
Kabupaten Karo memiliki keragaman objek wisata alam yang banyak diminati oleh para wisatawan. Selain Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, Air Terjun Sipiso-piso, Taman Hutan Rakyat (Tahura), di kabupaten Karo juga terdapat objek wisata alam yaitu Gua Liang Ndahar.

Gua Liang Ndahar

Gua Liang Dahar merupakan salah satu objek wisata di kabupaten karo yang belum terlalu dikenal. Gua ini terletak di  desa Laubuluh, Kecamatan Kutabuluh Simole, Kabupaten Karo. Gua Liang Ndahar memiliki kedalaman sekitar 200 meter di bawah tanah dan tempat ini tergolong unik karena merupakan sebuah Goa yang menakjubkan dengan ruang-ruang besar di dalamnya. 

Objek Wisata di Tanah Karo: Gua Liang Ndahar Lau Buluh
Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran  masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainya. Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong. 

Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini sekitar 40 Km. Dari Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan pribadi maupun kendaraan umum dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit.

Objek Wisata di Tanah Karo: Gua Liang Ndahar Lau Buluh

Lokasi dan Cara Gua Liang Ndahar

Gua Liang Ndahar Berlokasi di Desa Lau Buluh, Kecamatan Kutabuluh Simole, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk mengakses Gua Liang Ndahar, dari kota Medan dapat menggunakan kendaraan roda dua, empat maupun angkutan umum dengan jarak sekitar 120 KM (waktu tempuh sekitar 5 jam).

Untuk mencapai Gua Liang Ndahar terdapat dua alternatif, melalui Berastagi dan Kabanjahe. Rute yang melalui Berastagi tidak terdapat angkutan umum yang langsung menuju ke desa Lau Buluh yang merupakan lokasi Gua Liang Ndahar, tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi rute ini akan lebih dekat sekitar 10KM dengan melewati Jl. Udara (Tugu Kol Berastagi).

Rute melalui Kabanjahe, terdapat angkutan umum yang berlokasi di tugu Bambu Runcing Kabanjahe. Angkutan umum biasanya berangkat pada sore hari (sekitar jam 15.00) dan langsung menuju ke desa Lau Buluh dengan ongkos sekitar 20 ribu rupiah.

Fasilitas dan Akomodasi

Gua Liang Ndahar belum terkenal dan lokasinya juga terbilang jauh dari kota Medan dan Berastagi. Jalan menuju Gua Liang Ndahar juga belum disertai penanda yang mempermudah wisatawan untuk langsung menuju Gua. Jadi saya sarankan anda menggunakan jasa pemandu wisata yang dapat anda temukan di desa Lau Buluh dengan tarif sekitar 100 hingga 200ribu, tergantung kesepakatan anda dan pemandu.