Nuansa Khas Karo dalam Acara Peringatan HUT RI ke-69 Warga Karo Perawang, Siak, Riau

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-69 mendatang, masyarakat Karo yang tinggal di Perawang mengisi acara dengan nuansa khas Karo. Luar biasa sekali cara teman-teman kita yang ada di luar Sumatera utara ini dalam upaya untuk memperkenalkan dan mepertahankan Budaya Karo. Selain gendang-guro-guro, Acara HUT RI ke-69 juga dimeriahkan dengan kegiatan Lomba Rose, Lomba Tari Roti Manis, Lomba Bernyanyi Lagu Piso Surit dan Lagu Taneh Karo Simalem. Kita doakan, semoga acaranya sukses dan bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya berikut berita selengkapnya yag saya kutip dari Sorasirulo.

BRANDY KARO SEKALI. PERAWANG. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-69 yang jatuh pada 17 Agustus 2014 mendatang, warga Karo yang tinggal di Perawang, ibukota Kecamatan Tualang (Kabupaten Siak, Riau) akan mengadakan serangkaian acara perlombaan budaya dan seni Karo. Diantaranya adalah Lomba Rose (merangkai pakaian adat Karo), Lomba Tari Roti Manis, Lomba Bernyanyi Lagu Piso Surit dan Lagu Taneh Karo Simalem.
 
Menurut keterangan yang disampaikan koordinator acara, Berty Riana br Sembiring Milala kepada Sora Sirulo [Kamis 17/7], acara ini digagas sebagai upaya memperingati HUT RI dan sekaligus memperkenalkan budaya Karo kepada generasi muda, khususnya generasi muda Karo di Perawang. “Sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan RI, masyarakat Kecamatan Tualang yang merupakan bagian dari masyarakat Indonesia, ingin turut serta mengambil bagian dalam rangka perayaan HUT RI ke-69 ini, sekaligus memperkenalkan budaya Karo kepada generasi muda,” ujarnya.
 
Selain mengadakan perlombaan budaya dan seni Karo, dalam kegiataan ini akan dilakukan pula berbagai perlombaan lainnya, yaitu Lomba Panjat Pinang, Lari Goni, Memasukkan Belut Ke Dalam Botol, dan Lomba Memakan Kerupuk. “Empat acara akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2014, yaitu Lomba Rose, Lomba Tari Roti Manis, Lomba Bernyanyi Lagu Piso Surit dan Lagu Taneh Karo Simalem. Pada malam harinya yang bertepatan dengan Malam Minggu akan diadakan hiburan gnedang keyboard,” ujarnya. 

Berty Miala menambahkan, pada tanggal 17 Agustus 2014 akan menyusul diadakan serangkaian acara lainnya, yaitu Lomba Panjat Pinang, Lari Goni, Memasukkan Belut Ke Dalam Botol, dan Lomba Makan Kerupuk. Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba. Seperti diketahui kegiatan ini merupakan upaya melestarikan budaya Karo oleh masyarakat Karo di Perawang. Dengan demikian thema acara yang diambil adalah “Tandai Ras Petandaken Budaya Karo” dan dengan sub tema “Melalui HUT RI ke-69, Mari Sitandai ras Sipetandakan Budaya Karo man Kerina Generasinta”.

Sumber : 
http://www.sorasirulo.com/2014/07/17/rangkaian-peringatan-hut-ri-warga-karo-perawang/

0 Response to "Nuansa Khas Karo dalam Acara Peringatan HUT RI ke-69 Warga Karo Perawang, Siak, Riau"

Posting Komentar