PWI: Mensejahterakan Petani Karo bukan hanya dengan memberikan bantuan tetapi meningkatkan SDM

http://karodunia.blogspot.com
Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI ) perwakilan Karo  menilai mengangkat kesejahteraan masyarakat petani tidak harus dengan pemberian bantuan melainkan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan pemahaman teknologi.

Ketua PWI Perwakilan Karo, Dickson Pelawi didampingi Edi Sofyan pada wartawan, Senin (4/8) mengatakan, membangun  masyarakat menuju modrenisasi siap bersaing tidak mudah dan butuh waktu.

Masyarakat Karo 70 persen petani tradisional. Sisanya ada pegawai, pedagang dan lainnya saat ini belum dapat disamakan cara pandangan hidupnya dengan masyarakat Vietnam, Thailand, Malaysia, Tiongkok dalam hal membangun perekonomian guna kesejahteraan.

“Tidak kita pungkiri, masyarakat kita minim pendidikan terlebih teknologi sebabnya, masyarakat kita umumnya masih hidup di bawah sejahtera,” katanya 

Padahal, jika dilihat sumber alam  di Karo  sangat melimpah ruah, namun pengelolaan  SDM yang masih minim buta teknologi dan hanya mengandalkan pengalaman membuat masyarakat petani dengan cara bekerja ala tradisional membuat mereka belum mampu hidup sejahtera.

“Karenanya, masyarakat kita harus sadar, SDM dan mengerti teknologi itu   dibutuhkan  dalam dunia pekerjaan yang kita geluti guna ciptakan kemandirian untuk hidup sejahterah,”ujarnya

Mengingat maksimal produk, baik pertanian dan mutu di hasilkan itu tergantung sistem pengelolaan dan menejemen yang dibuat dalam bekerja tidak terlepas dari SDM dan teknologi.

Jika dianalisis, kebijakan pemerintah mendatangkan produk impor dari luar untuk memenuhi kebutuhan pasar walau hal itu membuat petani lokal rugi, tentu itu sebuah kesalahan, katanya.

Namun bila pemerintah tidak melakukan itu, bisa jadi kekosongan barang dibutuhkan konsumen tertentu akan terjadi dan itu lebih berdampak negatif stabilisasi keamanan pangan.

Impor hasil pertanian dan lainnya dari luar, seperti beras, gula,  buah, bawang merah, bawang putih , cabai  dan sayur mayur serta daging.

Imbas dari masuknya barang luar, yakni jatuhnya harga produk lokal dan itu selalui dialami, khususnya para petani kita, katanya. (dik)
 
Sumber : http://analisadaily.com/news/read/pwi-sejahterakan-petani-karo/52003/2014/08/05

0 Response to "PWI: Mensejahterakan Petani Karo bukan hanya dengan memberikan bantuan tetapi meningkatkan SDM"

Posting Komentar