Jokowi Mengukir Sejarah Bagi Suku Karo


Ketika mengunjungi Tanah Karo, Presiden RI jokowi menyampaikan bahwa penanganan akses jalan menuju ke daerah relokasi warga korban erupsi gunung Sinabung ke Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo agar ditangani pihak Pangdam I/BB. Hal tersebut disambut positif Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P Simanjuntak, Danrem 023/KS, Kol Kav Abdul Rahman Made SIp MSi (Rabu, 29/10) di Kabanjahe.

"Kita belum tahu persis berapa anggaran diperlukan untuk pembuatan jalan sekitar 9 km lebih sebagai akses ke daerah relokasi. Yang pertama, kita akan segera tinjau dan pelaksanaannya akan kita lakukan melalui program TMMD," kata Pangdam I/BB ketika mendampingi Presiden Jokowi di rumah dinas Bupati Karo.

Hal senada dikatakan Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Wakil Ketua DPRD Sumut Ruben Tarigan, anggota DPRD Sumut Sudarto Sitepu dan Plt Ketua DPRD Karo, Nora Else Br Surbakti, mantan Ketua DPRD Karo Siti Aminah Br Perangin-angin, mantan Ketua DPRD Karo, Efendi Sinukaban SE yang secara terpisah memberikan tanggapan kepada wartawan di sela-sela mengikuti blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah tempat pengungsian erupsi Sinabung di Kabanjahe.

Mereka menyampaikan, kunjungan Presiden Jokowi ke Tanah Karo menggukir sejarah baru bagi masyarakat Tanah Karo. Kedatangan Jokowi ke tanah karo sudah dua kali dan dalam kurun waktu yang amat singkat. Pertama pada masa kampanye Pilpres dan kedua, setelah menjabat sebagai presiden.

"Jokowi dengan tegas mengatakan bahwa penanganan ijin dan akses jalan ke lokasi relokasi tiga desa dalam dua minggu paling lambat semua proses perizinan ke lokasi relokasi segera selesai," kata mereka.
Presiden RI bantu pengungsi Sinabung Rp 91,5 M. Dengan rincian Rp 80 miliar untuk bantuan perbaikan rumah pengungsi gunung Sinabung di luar zona merah, sementara Rp 11,5 M untuk perbaikan jalan akses menuju relokasi di Siosar Kecamatan Merek. Sementara permasalahan relokasi, dua hari ke depan diharapkan selesai.

Selain itu, presiden juga memberikan bantuan langsung kepada pengungsi berupa uang tunai senilai Rp 500 ribu per kepala keluarga, bantuan kartu pintar dan kartu masyarakat sejahtera termasuk bantuan sembako.
Jokowi juga menyampaikan, lahan relokasi di kawasan Agro Politan hutan Siosar yang diperuntukan kepada korban erupsi Sinabung asal desa Suka Meriah, Simacem dan Bakerah tidak ada lagi masalah dalam hal ijinnya karena semuanya sudah diselesaikan oleh Menteri Kehutanan. 

Mengenai akses jalan yang selama ini dipermasalahkan, "sudah Ok, tidak ada lagi masalah, pokoknya semua sudah clear,” terang Jokowi

Setelah pelantikannya 20 Oktober 2014 yang lalu, kunjungan Jokowi ke Tanah Karo merupakan kunjungan kerja pertama. Kita mengharapkan agar kunjungan kali ini menjadi berkah buat semua masyarakat  karo dan semoga erupsi Sinabung segera berakhir.(andalas)

0 Response to "Jokowi Mengukir Sejarah Bagi Suku Karo"

Posting Komentar