Kunjungan ke Tanah Karo, Jokowi Saksikan langsung Sinabung Bergemuruh


Saat blusukan dan mengunjungi Desa Guru Kinayan di Tanah Karo, Presiden Jokowi menyaksikan langsung gemuruh Gunung Sinabung (Rabu,29/10) sore.

Bersama dengan ibu negara, Jokowi terperangah menyaksikan suara gemuruh tersebut. Saat itu Gunung Sinabung mengeluarkan awan panas sejauh 4.000 meter ke arah Selatan dan tinggi abu sekitar 2.000 meter.
 

Meskipun kunjungan ke desa Guru Kinayan tidak ada dalam agenda resmi, rombongan mengikuti Jokowi karena ingin melihat langsung pemukiman penduduk dan lahan pertanian yang rusak akibat erupsi Sinabung.

Lokasi Desa Guru Kinayan berjarak 2 KM dari kaki Gunung Sinabung dan Jokowi tidak menunjukkan rasa ketakutan saat menyaksikan gemuruh gunung tersebut

Jokowi bersama istri Iriana Joko Widodo terlihat duduk menyaksikan Gunung Sinabung yang berulangkali mengeluarkan suara gemuruh. Disaat bersamaman, Jokowi juga menyempatkan diri untuk mendatangi warga yang berada di lahan pertanian di sekitar desa tersebut.

Masyarakat di sana merasa sangat terkejut dan terharu melihat presiden mendatangi langsung, mereka terperangah karena baru pertama kali presiden berani mendatangi warga di zona berbahaya tanpa menggunakan masker padahal  suasana desa masih ditutupi abu vulkanik bekas erupsi gunung sinabung.

Hendrasto selaku Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan, awan panas Gunung Sinabung meluncur sejak siang sekitar pukul 14.38 WIB disertai guguran awan panas meluncur sejauh 4000 meter ke arah Selatan.

“Kemudian, guguran awan panas menyusul sekitar pukul 15.10 WIB berikut luncuran awan panas sejauh 3.000 meter ke Selatan. Tinggi kolom mencapai 1.500 meter. Aktivitas gunung masih tinggi,” tambahnya (beritasatu)

0 Response to "Kunjungan ke Tanah Karo, Jokowi Saksikan langsung Sinabung Bergemuruh"

Posting Komentar