Objek Wisata di Tanah Karo

Objek Wisata di Tanak Karo
Di provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Karo adalah salah satu kabupaten yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek Wisata di Tanah Karo sangat beragam, mulai dari pengunungan, desa budaya, air terjun, hutan tropis, pemandian air panas, pusat jajanan buah dan kuliner, danau, arung jeram dan lain sebagainya. Keberagaman objek wisata dengan potensi yang tidak kalah dengan daerah lain menjadikan kabupaten Karo termasuk salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara.

Kabupaten Karo (Tanah Karo) terletak pada dataran tinggi jajaran Pegunungan Bukit Barisan dan secara geografis terletak pada posisi 02°50’ - 03°19’ Lintang Utara, 97°55’ - 98°38’ Bujur Timur. Kabupaten Karo berada pada ketinggian sekitar 140–1400 M diatas permukaan laut dan hampir 91 % wilayahnya berada pada ketinggian 500 – 1400 M diatas permukaan laut.

Berikut faftar objek wisata yang menarik untuk di kunjungi.
  • GUNUNG SIBAYAK

    Gunung Berapi Sibayak dalam keadaaan aktif berlokasi di atas ketinggian 2.172 m dari permukaan laut. Pendakiannya melewati hutan belantara tropis dan tebing yang penuh tantangan serta di puncak gunung terdapat hamparan dataran tempat berkemah.

    Dari puncak gunung terlihat kawah yang masih aktif mengeluarkan magma dan pemandangan yang indah dan menawan. Jarak dari Kota Berastagi ke tempat awal pendakian dari Desa Jaranguda 1,5 Km dari Desa Raja Berneh 15 Km. Lama pendakian diperkirakan lebih kurang 2 sampai dengan 3 jam
  • GUNUNG SINABUNG

    Gunung Berapi Sinabung berlokasi di atas ketinggian 2.417 m dari permukaan laut. Pendakian melewati belantara tropis dan tebing yang penuh dengan tantangan, dan puncak gunung terdapat hamparan untuk berkemah. Dari puncak gunung terlihat kawah yang mengeluarkan magma serta pemandangan indah yang menawan. Jarak dari Kota Berastagi ke tempat awal pendakian Gunung Sinabung dari desa Sigarang-garang, Lau Kawar, Mardinding memakan waktu lebih kurang 4 jam.
  • BUKIT GUNDALING

    Bukit ini ditumbuhi oleh pohon kayu dan bunga-bungaan yang sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda yang merupakan tempat rekreasi bagi remaja, keluarga, para Wisatawan Mancanegara dan Nusantara. Dari puncak bukit terlihat panorama Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, dan Kota Berastagi. Dari Berastagi ke Bukit Gundaling berjarak 2 Km dan untuk sampai kesana seseorang dapat menggunakan bus ukuran kecil dan besar.
  • DESA BUDAYA LINGGA

    Di desa ini terdapat bangunan rumah Tradisional Karo berusia 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu dihuni oleh 8 hingga 10 kepala keluarga yang hidup berdampingan dalam keadaan damai dan tenteram. Bahan bangunan rumah tradisionil ini dari kayu bulat, papan, bambu dan beratap ijuk tanpa menggunakan paku yang dikerjakan tenaga arsitektur masa lalu. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 15 Km yang dapat menggunakan kendaraan umum dan juga kendaraan (bus) wisata. 
  • AIR TERJUN SIPISO-PISO

    Air terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian sekitar120M dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun Sipiso-piso dilatarbelakangi panorama indah Danau Toba, bukit-bukit pinus, bentangan pulau Samosir serta pematang sawah dan ladang. Jarak dari kota Berastagi ke obyek wisata ini 35 KM dan dapat menggunakan bus ukuran kecil dan besar.
  • DANAU TOBA

    Danau ini merupakan suatu keajaiban karena berlokasi di atas dataran tinggi lebih kurang 800 m dari permukaan laut yang merupakan asset nasional menduduki rangking ke 2 (dua) sebagai danau terbesar di dunia dan memiliki keindahan alam yang sulit mencari tandinganya. Danau tersebut dikelilingi oleh bukit yang ditumbuhi hutan pinus dan air berwarna biru. Dari Desa Tongging dapat dilakukan perjalanan danau ke Parapat. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km dan dapat menggunakan kendaraan ukuran kecil dan besar.
  • DANAU LAU KAWAR

    Danau ini memiliki luas lebih kurang 200 Ha diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi kayu–kayuan hutan tropis dan dipinggir danau terbentang lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah. Bagi wisatawan yang berjiwa petualangan, dari obyek ini dapat melakukan kegiatan panjat tebing dan sekaligus pendakian ke puncak Gunung Sinabung melewati hutan belantara. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 27 Km dan dapat menggunakan kenderaan roda empat melewati beberapa desa dan lahan pertanian (Agro Wisata).
  • AIR PANAS LAU DEBUK – DEBUK

    Obyek wisata ini merupakan pemandian air panas yang mata airnya bersumber dari perut bumi, mengandung unsur belerang, dapat mengobati penyakit gatal–gatal dan biasa dibuat sebagai pengganti mandi sauna. Pada waktu–waktu tertentu ada kegiatan ritual seperti : Erpangir Ku Lau (mandi ritual) yang bertujuan membersihkan diri dari roh – roh jahat dan niat – niat yang tidak baik. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 10 Km dan dapat menggunakan bus ukuran besar.
  • AIR PANAS SEMANGAT GUNUNG

    Obyek wisata ini sebagai tempat pemandian air panas alam yang telah dikelola secara profesional dalam bentuk kolam–kolam renang yang suhunya berbeda–beda sesuai dengan keinginan para wisatawan. Mata air ini bersumber dari perut bumi dan mengandung unsur belerang yang dapat mengobati penyakit gatal–gatal. Jarak dari kota Berastagi ke obyek wisata ini 13 Km dan dapat menggunakan bus ukuran kecil atau besar.
  • TAMAN HUTAN RAYA BUKIT BARISAN

    Obyek wisata ini merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayu–kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan didalamnya berkembang berbagai species kupu–kupu langka. Di obyek wisata ini dipelihara gajah yang dapat dimanfaatkan sebagai transportasi wisatawan mengelilingi hutan. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 5 Km.
  • GUA LIANG NDAHAR

    Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainya. Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km, sampai ke Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan roda empat dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit.
  • BERASTAGI

    Di sekeliling kota Berastagi dapat dilihat banyak daerah objek wisata yang memiliki daya tarik yang sangat kuat seperti Bukit gundaling, Kolam Renang, Kebun Bunga, Taman Hutan Raya Bukit Barisan, Deleng Kutu, Rumah Tradisional dan melakukan aktivitas para wisatawan seperti menunggang kuda, naik sado, bermain golf dan menyaksikan kegiatan kebudayaan yang diselenggarakan setiap hari Minggu.
  • GUNUNG SIPISO – PISO

    Daerah wisata gunung Sipiso-piso dapat dipergunakan untuk olahraga air, lokasi untuk terjun payung, dimana lokasi start dimulai dari puncak gunung Sipiso-piso dan lokasi untuk mendarat berada pada pinggir Danau Toba – Tongging. Lokasi ini sudah lama dikenal sebagai lokasi olahraga air– paralayang. Lokasi ini berada 34 Km dari Berastagi. Pemandangan di lokasi ini sungguh menarik.
  • PARA LAYANG

    Gunung sipiso-piso adalah tempat ideal untuk paralayang ,mungkin merupakan salah satu tempat yang terbaik di Asia Tenggara karena memiliki cuaca yang baik. Sejauh ini hanya di pergunakan tahap percobaan dan belum di dukung oleh peralatan yang memadai. Sangat diharapkan ini akan segera terwujud. Pemeritah sedang mencari investor.
  • ARUNG JERAM

    Arung jeram seharian dapat dilakukan di sungai “Lau Biang“. Perjalanan dimulai dari desa Bintang Meriah dan dalam waktu 8 jam tiba di desa Limang. Sungai mengalir melalui kebun-kebun penduduk dan bukan hutan rimba yang belum pernah di jamah. Seorang pelancong sering mengkombinasikan antara arung jeram dengan bersafari jeep akan berakhir di Barohok dekat Bukit Lawang selama 3 hari dan kembali. Perjalanan ini melalui bagian dari Taman Nasional Gunung Lauser.
  • JELAJAH HUTAN

    Ada beberapa hutan yang terdapat di sekitar Berastagi. Perjalanan antara Berastagi dan Bandar Baru melalui Gunung Barus selama 1,5 hari. Perjalanan ini mulai dari Desa Basam, 6 km dari Berastagi. Perjalanan antara Berastagi dan Bukit Lawang membutuhkan waktu selama 2 malam. Anda akan melihat Thomas si Monyet Daun, Orang Utan, burung-burung dan beberapa tempat menarik. Perjalanan ini mulai dari desa Rakyat. Rute lain perjalanan ini melalui Berastagi dan Ketambe Aceh tetapi membutuhkan waktu beberapa malam di hutan. Jika Anda hanya memiliki waktu yang pendek, cobalah untuk melakukan perjalan dari Berastagi ke Semangat Gunung (pemandian air panas). Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Dimulai dari desa Lau Gumba.
  • OUKUP

    Oukup adalah sejenis mandi uap Tradisional Karo. Campuran rempah-rempah termasuk kulit jeruk yang direbus. Secara tradisional seseorang akan membungkus dirinya dengan selimut dan meletakkan tempat dengan air panas yang menguap dibawahnya. Saat ini proses tersebut telah di moderenisasi dan orang yang mandi duduk dalam sebuah bilik kecil dan uap di masukkan melalui pipa. Bentuk modern ini telah menjadi populer dalam beberapa tahun ini, khususnya di Medan. Dimana ratusan tempat oukup dibuka. Mandi uap cocok untuk membasmi flu, sakit kepala dan masalah tidur.
  • TONGGING

    Tongging adalah tempat yang nyaman untuk santai dan juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di sebelah ujung utara Danau Toba dengan pemandangan yang sangat indah. Jalan yang curam dan berliku-liku dari Merek. Dari sebelah kanan jalan ini, kita dapat melihat keindahan air terjun Sipiso-piso.Tongging berada di tengah-tengah daerah yang didiami tiga suku Batak Toba, Pakpak dan Karo yang bercampur baur dan menggunakan bahasa lokal dengan menggunakan bahasa dari ketiga suku tersebut.
  • TAMAN SIMALEM RESORT

    Taman Simalem Resort terletak Jl. Raya Merek – Sidikalang KM.9, Merek di kawasan Bukit Merek,Sidikalang. Objek wisata ini menghadirkan pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang sangat luas. Luas areal kawasan wisata ini mencapai 206 ha dgn lebih dr 25 ha telah ditanami tanaman buah jeruk, markisa, terong belanda, alpukat,dll. Taman Simalem ini dikembangkan oleh PT MEREK INDAH LESTARI (perusahaan yang terkait dgn Hotel Sibayak Berastagi) dan NEXUS INVESTMENT Pte Ltd(perusahaan investasi dari Singapura). Taman Simalem Resort sebelah barat Danau Toba dikunjungi ribuan wisatawan lokal, Singapura, Malaysia pada Idul Fitri 1432 H tahun ini.

    Taman Simalem Resort yang menyebut dirinya Pearl of Lake Toba ini merupakan tempat wisata pemandangan alam yang menawarkan view Danau Toba dari arah utara. Dibangun dengan konsep tempat wisata yang lengkap, karena selain melihat indahnya Danau Toba, bangunan-bangunan dan semua fasilitas dibangun dengan cita rasa arsitektur yang sangat tinggi alias sangat cantik. Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan disana adalah penginapan di dalam hutan, hiking track, resto, tempat outbond, kebun markisa, berkuda, ruangan terbuka untuk suatu acara pertunjukan, mini golf, gazebo di tepi sungai, dan masih banyak lagi. Tidak terasa memang menghabiskan waktu seharian disana.
  • AIR TERJUN SIKULIKAP

    Air Terjun ini mempunyai ketinggian jatuh 30 m dan jarak dari monumen Berastagi ke obyek wisata ini lebih kurang 11 Km. Dikelilingi hutan tropis tempat Gibon bergantungan yang kadangkala berteriak bersahut-sahutan dan di sekitar lokasi ini terdapat bajing, burung gagak, phyton dan kupu-kupu berwarna-warni. Disepanjang jalan objek wisata ini dapat dinikmati jagung bakar dan rebus. Untuk sampai ketempat ini dapat menggunakan bus besar atau kecil menuju Medan atau Berastagi dan menuruni tangga dari jalan pada perbatasan Karo-Deli Serdang.
  • PENATAPEN DOULU

    Penatapen Doulu ini terletak tidak jauh dari kota Berastagi. Dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan kota Bandar Baru dan Medan yang indah di malam hari sambil menikmati jagung bakar dan rebus. Kita juga dapat melihat monyet di sekitar tempat ini. Untuk sampai ke tempat ini dapat menggunakan kenderaan roda dua dan empat.
  • MIKIE HOLIDAY BERASTAGI

    Mikie Holiday terletak di daerah pegunungan Berastagi di Sumatera Utara. Selain menawarkan Wi-Fi gratis, hotel ini juga memiliki kolam renang outdoor besar dan parkir gratis. Hotel ini hanya 5 menit berkendara dari taman hiburan Mikie Funland dan 15 menit berkendara dari air terjun Sipiso-piso.
    Selain menampilkan dekorasi modern, semua kamarnya juga menampilkan pemandangan kolam renang, taman, atau pegunungan. Semuanya dilengkapi dengan TV satelit dan kamar mandi pribadi dengan shower air panas. Kamar-kamar tertentu memiliki sebuah ruang tamu terpisah.
  • PAGODA TAMAN LUMBINI, BERASTAGI

    Taman alam Lumbini terletak di desa Tongkoh, Berastagi Sumatera Utara, Taman Alam Lumbini  memiliki Replika Pagoda Shwa Degon  yang ada di Yangon, Myanmar, sebuah pagoda yang indah dengan nuansa kesejukan yang ada di Tanah Karo dan merupakan Pogoda tertinggi di MPK Indonesia.Akses menuju ke Taman Alam Lumbini cukup mudah yaitu dengan patokan dari Simpang Tongko. Simpang Tongloh di Tahura merupakan tugu buah jeruk ynag berda di pertigaan yang memiliki tanda panah dan cukup berjalan 20 menit saja maka Taman Alam Lumbini akan kelihatan.
  • PENATAPEN SIPISO – PISO

    Penatapen (Pemandangan) Sipiso-piso terletak lebih kurang 24 km ke utara Kabanjahe menuju ke arah Merek / Danau Toba, merupakan lokasi yang strategis untuk memandang keindahan Danau Toba dan Desa Tongging dan desa lainnya sepanjang pinggir danau dan juga dapat melihat pemandangan air terjun Sipiso – Piso dari lokasi ini.Dari lokasi Penatapen Sipiso-Piso dapat dilihat dengan jelas desa Tongging yang terletak di tepi Danau Toba
  • AGROWISATA

    Selain objek-objek wisata diatas di Kabupaten Karo juga terdapat agrowisata berupa kebun buah-buahan, sayur-sayuran dan bunga-bungaan dan juga perkebunan-perkebunan rakyat yang dapat dijangkau dari kota kabupaten maupun kecamata(sumut2day)