Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu

Kemarin ketika membaca berita sebuah media online, saya jadinya tidak bisa berkata apa-apa, langsung gelap :(. Dalam berita tersebut disebutkan bahwa para pengungsi korban erupsi Sinabung dari desa Gurukinayan tidak mampu lagi untuk membeli beras dan menjadikan ubi kayu sebagai makanan pokok. Separah ini kah nasib korban erupsi sinabung? Sampai-sampai beras buat makanpun tidak ada lagi, pemda kab karo kemana?

Untuk lebih lengkapnya berikut saya copas beritanya langsung
Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu
Tak mampu membeli beras, warga korban erupsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, mengonsumsi ubi kayu. Sejak dipulangkan dari pengungsian tiga bulan lalu, sejumlah warga korban erupsi Gunung Sinabung tinggal di gubuk-gubuk di perladangan warga. Mereka menghuni pondok-pondok yang didirikan sederhana terbuat dari anyaman bambu dan beratap tenda yang berukuran 4x4 meter.

Karena tak punya uang, korban Sinabung ini pun mengonsumsi ubi kayu sebagai pengganti nasi. Ubi kayu ini dikonsumsi dengan sambal tomat dan cabai merah yang diambil dari perladangan yang terpapar abu. Mereka terpaksa tinggal di sini karena desa mereka rusak pascaditerjang erupsi Sinabung.

Desa mereka berada pada zona merah dan hingga kini belum bisa ditempati. Sejak dipulangkan dari pengungsian, para korban erupsi Sinabung ini tak lagi mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sebab, mereka sudah mendapat bantuan dana uang tunai sebesar Rp5 juta dari pemerintah. Dana ini digunakan sebagai pengganti sewa rumah dan sewa ladang.

Murnia Surbakti, korban erupsi Sinabung mengaku telah 20 hari ini mengonsumsi ubi kayu sebagai pengganti nasi. Sejak dipulangkan dari pengungsian, warga mengaku tidak pernah lagi diperhatikan pemda. Warga berharap ada dermawan yang mau membantu kebutuhan mereka sampai keadaan ekonomi mereka normal.
Sumber: http://daerah.sindonews.com/read/912309/24/tak-mampu-beli-beras-korban-sinabung-makan-ubi-kayu

Sungguh tragis sekali nasib saudara-saudara kita.

0 Response to "Tak Mampu Beli Beras, Korban Sinabung Makan Ubi Kayu"

Posting Komentar