Djamin Ginting Dirahapkan Menjadi Pemersatu Suku Karo


Segenap warga Karo menyambut baik penganugerahan gelar pahlawan nasional indonesia kepada Letjen (Purn) Djamin Ginting. Penganugerahan gelar tersebut sudah cukup lama didambakan masyarakat Karo pada khususnya dan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya.

Kegembiraan tersebut diungkapkan oleh salah satu tokoh Suku Karo yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Medan Burhanuddin Sitepu SH (Jumat, 7/11).

Kebijakan Pemerinta untuk menetapkan Djamin Ginting sebagai pahlawan nasional sudah sangat tepat karena keberadaannya dalam memperjuangkan bangsa sudah teruji dan diakui oleh masyarakat Sumatera Utara, ujar Burhanudin

“Masyarakat Sumut sudah mengakui pengabdian Djamin Ginting memperjuangkan bangsa ini. Terbukti tidak ada rintangan ketika namanya dibuat jadi nama jalan mulai dari Medan sampai ke Tanah Karo dan hampir setiap daerah kabupaten kota di Sumut ada dibuat nama jalan Djamin Ginting,” ujarnya.

Dengan adanya nama Djamin Gintings sebagai nama jalan hampir di seluruh daerah di Sumut sebagai bukti bahwa DjJamin Ginting mampu dan dapat mempersatukan masyarakat Sumatera Utara. Masyarakat dapat menerima dan mengakui perjuangannya secara ikhlas memperjuangkan bangsa dan negara.

Burhanuddin melanjutkan, hanya saja bagi Suku Karo sendiri sampai saat ini sangat sulit bersatu dan sulit dipersatukan dari perbedaan-perbedaan yang ada selama ini. Seperti istilah karo gunung, karo jahe, karo pesisir, dan sebagainya selalu menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat Suku Karo.

“Oleh karena itu dengan penganugerahan pahlawan nasional kepada Letjen (Purn) Djamin Ginting diharapkan dapat menjadi alat pemersatu bagi seluruh orang Karo. Perbedaan asal usul yang selama ini sering diperdebatkan, tidak terjadi lagi ke depan ini,” tambah Burhanuddin.

Atas nama masyarakat Suku Karo khususnya merga Sitepu, Buhanuddin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Djamin Ginting dikarenakan penganugerahan gelar ini sudah lama didambakan seluruh masyarakat Suku Karo dan masyarakat Sumut.

“Saya pribadi dan seluruh keluarga besar marga Sitepu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas penganugerahan pahlawan nasional kepada Jamin Gintings, yang selama ini kami anggap sebagai teladan bagi warga Suku Karo,” katanya.

“Munculnya pahlawan nasional dari Suku Karo diharapkan menjadi alat pemersatu masyarakat Suku Karo agar yang tidak membeda-bedakan asal usul. Mudah-mudahan gelar ini juga membawa manfaat bagi kami masyarakat daerah Karo khususnya dan Sumut umumnya,” ujarnya (andalas)

0 Response to "Djamin Ginting Dirahapkan Menjadi Pemersatu Suku Karo"

Posting Komentar