Jalan Umum Ditembok Pemilik Hotel, Warga Mengadu ke DPRD Karo

Puluhan warga Gang Asam Jalan Trimurti dan Jalan Veteran, Kelurahan Tambak Lau Mulgap 1 Kecamatan Berastagi mendatangi DPRD Kabupaten Karo untuk menyampaikan keluhan dan mohon perlindungan karena Jalan umum ditembok pemilik Hotel Ginsata.

Kedatangan warga disambut pimpinan sementara DPRD Karo, Nora Else Surbakti serta sejumlah anggota dewan lainnya. Tanpa basa-basi, warga langsung menyampaikan aspirasi mereka sebanyak tujuh poin. Pertama, saudara PG membangun tembok di atas akses jalan umum ke Gang Asam Jalan Trimurti. Jalan itu sendiri sudah pernah diaspal pemerintah setidaknya sejak 60-an, dan terakhir diaspal 2008.

Kedua, saudara PG membangun trotoar, tangga, dan taman bunga di samping rumahnya, Hotel Ginsata No 27 Berastagi menggunakan Jalan Trimurti yang merupakan jalan umum. Sementara seperti diketahui, trotoar dan taman bunga tersebut telah mempersempit akses jalan umum, dan perlu diusut batas tanah dan haknya.

Ketiga, perlu diusut izin usaha pariwisata Ginsata Guest House yang berada di Gang Asam dan Hotel Ginsata di Jalan Veteran No 27. Sebab, pengakuan sebelah menyebelah tidak pernah diminta persetujuan untuk pembangunan hotel tersebut.

Keempat, masyarakat setempat menyatakan keberatan atas pendirian tembok (poin 1) dilakukan inisial PG di Jalan Trimurti, Gang Asam, dan masyarakat meminta agar bangunan tembok tersebut dirobohkan karena jalan tersebut sudah merupakan di bawah penguasan pemerintah dan umum.

Kelima, masyarakat setempat menyatakan keberatan atas bangunan trotoar, tangga, dan taman bunga di samping Hotel Ginsata/ Jalan Trimurti yang sudah dibangun PG menggunakan jalan pemerintah/ jalan umum (poin 2). Masyarakat memohon untuk ditertibkan pihak berwenang.

Keenam, masyarakat menyatakan keberatan berdirinya Ginsata Guest House di Gang Asam karena telah mengganggu ketertiban umum dan sering menimbulkan perselisihan dengan warga sekitar. Pemerintah diminta segera mencabut ijinnya.

Ketujuh, masyarakat memohon bantuan, perlindungan, dan penyelesaian kepada pimpinan DPRD Karo  sehubungan dengan pengaduan/ aspirasi masyarakat Jalan Trimurti, Gang Asam, dan Jalan Veteran, Kelurahan Tambak Lau Mulgap 1, Kecamatan Berastagi.

Menanggapi aspiras warga, anggota DPRD Karo, Ferianta Purba SE menegaskan, pihaknya akan menjadwalkan pertemuan dengan Kepala BPN Karo, Dinas PU, Dinas Perizinan, serta perwakilan warga untuk mengklarifikasi masalah tersebut agar secepatnya diselesaikan.

Sementara Anggota DPRD Karo lainnya, Sarijon Bako dari Fraksi PKPI minta agar Camat Berastagi, Drs Edison Karo-Karo agar memantau hal-hal seperti tersebut di atas.“Saya sarankan kepada camat agar persoalan seperti ini tidak terulang lagi, masya' temboknya sudah berdiri, baru menjadi masalah,”katanya.
sumber : http://harianandalas.com/kanal-sumatera-utara/jalan-umum-ditembok-warga-mengadu-ke-dprd-karo