Profil Djamin Ginting, Pahlawan Nasional dari Tanah Karo

Letjen (Purn) Djamin Ginting  dilahirkan 12 Januari 1921 di Desa Suka kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan meninggal di Ottawa, Kanada pada 23 Oktober 1974 (53 tahun). Djamin Ginting adalah seorang pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo. Setelah penantian panjang, akhirnya pada tanggal 7 November 2014 Presiden Joko Widodo secara resmi mengangkat Djamin Ginting menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. 

Djamin Ginting menamatkan pendidikan sekolah menengah kemudian bergabung dengan satuan militer yang diorganisir oleh opsir-opsir Jepang. Rencana Jepang untuk memanfaatkan putra-putra Karo memperkuat pasukan Jepang kandas setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada Perang Dunia II.

Jepang menelantarkan daerah kekuasaan mereka di Asia dan kembali pulang ke Jepang. Sebagai seorang komandan, Djamin Ginting bergerak cepat untuk mengkonsolidasi pasukannya. Dikemudian hari anggota pasukan Djamin Ginting ini akan mucul sebagai pionir-pionir pejuang Sumatera bagian Utara dan Karo.

Kapten Bangsi Sembiring, Kapten Selamat Ginting, Kapten Mumah Purba, Mayor Rim Rim Ginting, Kapten Selamet Ketaren, dan lain lain adalah cikal bakal Kodam II/Bukit Barisan yang kita kenal sekarang ini.

Dipenghujung masa baktinya, Djamin Ginting mewakili Indonesia sebagai seorang Duta Besar untuk Kanada dan disana hingga akhir hayatnya.
Jabatan yang pernah diduduki Djamin Ginting
  • Kepala Staf Kodam II/Bukit Barisan
  • Assisten Dua Bagian Perang di TNI
  • Panglima TT I Bukit Barisan.
  • Panglima Sumatera Utara.
  • Wakil Sekretaris Jenderal Front Nasional, di Kabinet Dwikora Revisi Kedua.
  • Penggerak dari pembentukan GAKARI yang nantinya akan membentuk GOLKAR.
Keluarga:
Istri : Likas Tarigan
Anak:
Riemenda J. Ginting
Riahna J. Ginting
Sertamin J. Ginting
Serianna J. Ginting
Enderia Pengarapen J. Ginting (meninggal tahun 2008)

Sumber: Wikipedia

0 Response to "Profil Djamin Ginting, Pahlawan Nasional dari Tanah Karo"

Posting Komentar