Video: Pengemis Lebih Murah Mati Dibandingkan Orang yg Berkecukupan


Sebuah penelitian untuk mengamati perilaku sosial masyarakat kota sedang digelar stasiun televisi OckTV. Hasil eksperimen tersebut sungguh mengejutkan, warga tak mampu ternyata lebih memiliki rasa empati pada orang lain dibandingkan mereka yang hidup berkecukupan.
 
Dilansir dari surat kabar Mirror (Minggu,2/11), Awalnya OckTV merekam dua staf mereka yang sedang meminta makanan pada warga Kota New York, Amerika Serikat. Mereka berpura-pura lapar dan meminta makanan kepada beberapa orang berkecukupan yang sedang sarapan. Tetapi, bukan makanan yang mereka dapat melainkan penolakan.

Eksperimen selanjutnya, seorang kru memberi makanan pada salah satu tunawisma yang sedang mengemis di salah satu sudut jalan. Sang tunawisma pun menerima makanan tersebut, selang beberapa menit staf lain datang dan memohon agar tunawisma itu memberikan pizzanya sedikit karena dia pun lapar.

Tidak disangka, tunawisma yang sedang pengemis berhati besar membagi makanannya. Mereka bahkan terlihat akrab. Kru tadi akhirnya memberi imbalan beberapa uang sebab kemurahan hati si tunawisma.

Meski bukan menjadi rujukan valid namun dari tayangan itu terlihat, orang berkecukupan belum tentu cukup berbaik hati memberikan miliknya. Sebaliknya, si pengemis yang serba kekurangan justru lebih kaya dari mereka.

Video yang beredar di youtube tersebut sudah ditonton sekitar 16 juta kali. Anda ingin menonton eskperimen tersebut? Ini dia videonya: