Perampokan di SPBU Kacaribu Kabanjahe


Karoduniamaya.com - Segerombolan orang menggunakan mobil pribadi berhasil merampok sebuah SPBU yang berada di Kacaribu (jalan Kabanjahe-Tigabinanga). Perampok dengan leluasa menodong Lista Beru Tarigan (27) warga desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe dan menjarah uang penjualan bahan bakar minyak.

Disaat para pelaku sudah selesai menjarah seluruh uang dan berniat kabur, Lista meneriaki perampok dan secara spontan berlari mengejar sambil membawa kursi dan melemparkannya ke arah mobil perampok. Akibat hantaman kursi, kaca samping mobil yang di gunakan pelaku pecah. Perampokan ini berlangsung pada hari Jumat (5/12) pukul 00.02 WIB dini hari. 

Kejadiannya berawal ketika para pelaku mengendarai mobil Avanza BK 1143 SE menjalankan aksinya dengan modus pura-pura mengisi BBM. Ketika sudah sampai di SPBU, tangki mobil tidak berada di jalur tempat pengisian BBM sehingga Operator SPBU menyuruh pelaku untuk memutar mobilnya agar tangki mobil berada di posisi galon pengisian BBM.

"Ketika itu, salah satu dari pelaku langsung turun dan mengeluarkan senjata tajam serta mengancam Lista Beru Tarigan," ujar Disko Ria Pinem (44) selaku pengawas SPBU tersebut.
 
Perampok mengambil uang sebesar Rp4 juta dan HP milik Lista.  Nasib sial menimpa perampok ketika Lista berteriak saat mereka akan kabur dan bagian depan mobil para pelaku menyangkut di salah satu pagar pembatas SPBU.

Takut dihajar massa maka keempat pelaku perampokan keluar dari mobil dan meninggalkannya di lokasi dan  langsung kabur ke arah hutan Lau Biang tak jauh dari lokasi SPBU.

Kejadian perampokan itu langsung dilaporkan ke polres Karo. Kasat Reskrim Polres Karo AKP Martua Manik dan anggotanya cepat turun melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menyisir perladangan warga serta pinggiran Sungai Lau Biang.

Kira-kira pukul 00.08 WIB, seorang pelaku perampokan yang bernama Reno Dasinta Sinulingga (23) warga Desa Bintang Meriah, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo yang mengaku tinggal di Jalan Sakti, Gang Nazaret, Kabanjahe, berhasil disergap petugas saat mengendap-endap di semak-semak kawasan Tugu Kacaribu yang berjarak sekitar 1 km dari SPBU.

Reno Dasinta dibawa petugas ke Mapolres Karo dan perburuan terhadap pelaku lainnya dilanjutkan. Berselang beberapa saat, petugas yang dibantu warga berhasil menangkap Bijaksana Sembiring (32) warga Desa Ergaji, Kecamatan Mereki saat bersembunyi di hutan tepi Sungai Lau Biang, berjarak sekitar 800 meter dari SPBU.

Bijaksana sempat dipukuli warga tetapi beruntung polisi dengan cepat membawanya ke Mapolres Karo. Reno sebagai salah satu pelaku, mengaku sudah dua kali mencuri mesin pompa dan pompa gendong di Tigabinanga dan Desa Bintang Meriah bersama rekannya C Siburian.

Sedangkan pengakuan Bijaksana kepada polisi, bahwa mobil yang di gunakan untuk merapok direntalnya dari Gang Berahmana, Kabanjahe selama tiga hari dan dibawa ke Desa Ergaji.

"Tetapi beberapa yang lalu saya ketemu dengan C Siburian di salah satu jalan dan diajak untuk melakukan pencurian di grosir namun gak ada  grosir yang bisa dibongkar," ujar Bijaksana.

Kemudian C Siburian mengajak Bijaksana dan dua orang lagi temannya untuk berangkat menuju SPBU di Desa Kacaribu dan melakukan perampokan dengan menumpang mobil tersebut. "Langsung saya yang sopiri," ujar Bijaksana.

Berdasarkan keterangan beberapa warga di tempat kejadian, mobil yang ditumpangi para pelaku terlihat pelat nomor polisinya di dempul menggunakan pasta gigi dengan tulisan BK 4148 SE. Disaat dempul diusap maka nomor polisi mobil sebenarnya adalah BK 1143 SE.

"kami juga sempat panik karena teriakan rampok padahal kami menginap di sekitar lokasi kejadian itu berhubung kemalaman untuk pulang ke Desa Bunga Baru, Kecamatan Tigabinanga," kata seorang warga di tempat kejadian.

Ketika di konfirmasi, Kasat Reskrim Polres Karo AKP Martua Manik mengatakan saat ini perburuan terhadap dua orang pelaku lainnya terus dilanjutkan di seputaran Sungai Lau Biang. "Kini, dua orang pelaku sudah diamankan di Mapolres Karo berikut mobil pelaku," katanya (harianandalas)

0 Response to "Perampokan di SPBU Kacaribu Kabanjahe"

Posting Komentar