Aplikasi Android Untuk Sukaten(takaran) Tradisional Suku Karo

Suku karo merupakan salah satu suku di sumatra utara yang memiliki keunikan tersendiri. Di sumatra utara, tanah ulayat (panteken) suku karo tidak hanya berada di Kab. Karo (tanah karo) tetapi tersebar di beberapa kab/kota. Wilayah yang menjadi tanah leluhur suku karo meliputi seluruh dataran Tinggi Karo atau Kab. Karo, sebagaian kota Medan, Kota Binjai, kab.Deliserdang, kab. Langkat, kab. Dairi dan Kab. Aceh Tenggara. 

Jaman dahulu (hingga sekarang juga masih ada), Suku karo menggunakan sukat-sukaten(takaran) yang ukurannya sudah disepakati bersama dan umumnya digunakan untuk menakar banyaknya beras/padi. Sukat-sukaten tradisional suku Karo antara lain, Pelgan, Ayan, Tumba dan Gantang. 

Perbandingan ukuran dalam takaran tradisional suku karo adalah sebagai berikut:
1 Pelgan = 2 Ayan
1 Ayan =  10 Tumba
1 Tumba = 4 Gantang
1 Gantang sekitar 0.5 liter beras.

Kebetulan kemarin saya iseng, sebenarnya sih karena akses internet(fb) lambat..ehehe..maka terpikir untuk membuat aplikasi berbasis android untuk konversi takaran tradisional karo tersebut. Hasil demonya dapat anda lihat pada video dibawah.



Aplikasi ini belum ada di Google Play Store, jika ingin menggunakan/install di perangkat android anda, silakan download file instaler .Apk sukaten tradisional Karo di sini. Setelah selesai download file-nya, ubah settingan di Android untuk dapat menerima file .apk di luar dari Google Play Store. Caranya, masuk ke menu  Setting, kemudian ke Security. Geser/scroll ke bagian bawah. Pada bagian Device Administration terdapat tick-box untuk "Unknown Source", pilih(ada notifikasi keluar) kemudian klik OK.

Selamat mencoba, semoga dengan adanya aplikasi ini generasi muda karo tetap menghargai dan lebih mengenal lagi budaya dan adat istiadatnya. Untuk masukan dan saran silakan email ke sutan.beghono@gmail.com.

Bujur, Terimakasih.