Samsung Bakal Rilis Alat Pendeteksi Stroke pada Pengguna Gadget


Selain memberikan kemudahaan dalam akses informasi, kemajuan teknologi gadget jelas sekali dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam segala bidang. Jika sebelumnya perusahaan gadget sudah mengeluarkan wearable gadget seperti jam tangan pintar (smartwatch), kacamata pintar hingga gelang kesehatan, kini akan hadir juga jenis wearable gadget terbaru yang dapat mendeteksi secara dini penyakit stroke pada penggunanya.

Dikutip dari MerdekaCom (23/1), sejumlah insinyur dan para peneliti Samsung C-Labs telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan wearable gadget yang dapat mendeteksi stroke pada penggunanya. Wearable Gadget dengan bentuk yang menyerupai headset ini akan bekerja dengan cara memantau gelombang otak pengguna dan dikombinasikan dengan algoritma.

Metode ini diklaim dapat mendeteksi gejala stroke penggunanya secara lebih komprehensif. Jika ditemukan gejala stroke, maka wearable gadget ini akan otomatis memberikan peringatan pada pengguna untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Teknologi pendeteksi yg sudah dipatenkan samsung ini, terdiri dari perpaduan sensor gelombang otak dan paket algoritma (EDSAP) sehingga akan bekerja lebih mumpuni dibanding teknologi lainnya. Para insinyur Samsung juga mengklaim bahwa sensor EDSAP dapat memantau dan menganalisis gelombang otak lebih cepat sekitar 15 menit dibandingkan dengan peralatan pemantauan gelombang otak di rumah sakit pada umumnya. Keunggulan lain, sensor ini juga dapat memindai gelombang otak secara rinci secara komprehensif karena menggunakan bahan menyerupai karet yang sangat konduktif.

Belum jelas kapan waktunya wearable gadget ini akan diproduksi secara massal oleh Samsung tetapi dari kemampuan yang di tawarkan maka perangkat ini akan sangat membantu pengguna untuk mengecek kondisi kesehatannya.