Curiga Akun Facebook Anda Dipergunakan Orang Lain? Pastikan dengan cara berikut

Pernah merasa ada yang aneh dengan aku facebook anda? atau curiga ada orang lain yang mengakses/hack secara diam-diam tanpa mengganti password yang biasa anda gunakan?. Contohnya seperti ini, ketika sudah login ke halaman facebook, kemudian terdapat notifikasi, pesan ataupun hal-hal yang seingat anda tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Password untuk mengakses akun juga tidak berubah, tetapi seperti ada sesuatu yang janggal dengan akun anda. Jika anda merasa ada keanehan, sebaiknya tidak usah tunggu lama-lama karena facebook juga  menyediakan fasilitas untuk melihat logs/catatan terakhir ketika akses akun, Caranya seperti berikut.

Pertama, masuk ke akun facebook anda. Klik pada ikon panah yang berada di sebelah kanan ikon gembok, kemudian pilih menu Settings.

Pada menu pengaturan di sebelah kiri, klik menu Security maka akan ditampilkan beberapa pengaturan mengenai keamanan akun facebook anda. Untuk melihat aktivitas(login) terakhir, klik tulisan Edit pada fitur "Where You're Logged In".

Tampilan selanjutnya seperti gambar dibawah. Facebook akan memberikan informasi mengenai tanggal dan waktu akses terakhir, browser yang digunakan, sistem operasi serta lokasi keberadaan anda (lokasi mungkin tidak akurat karena mengacu ke IP provider). Jika pernah mengakses facebook dengan perangkat mobile(HP, tablet ataupun smartphone) maka akan di tampilkan juga informasi akses terakhir.


Setelah melihat informasi mengenai akses terakhir ke akun facebook, seharusnya sudah dapat dipastikan akun anda di pergunakan orang lain atau tidak. Jika terdapat catatan perangkat(browser, sistem operasi) yang tidak pernah anda gunakan untuk mengakses facebook berarti akun anda sudah pernah di akses oleh oleh orang lain. Sebaliknya, jika semua daftar perangkat yg pernah digunakan untuk login adalah milik anda maka tidak usah khawatir, akun anda tetap milik anda sendiri.