Sejarah Penggunaan Kata HOAX

Anda pernah mendengar atau menyebutkan kata Hoax? Jika anda sering berinteraksi di internet tentu saja pernah. Hoax merupakan kata yang biasa digunakan oleh netizen untuk menunjukan berita yang disampaikan adalah palsu. Dalam media sosial seperti facebook, twitter, blog dan forum-forum diskusi sering disebutkan kata hoax ketika sebuah berita yang disampaikan tidak benar atau bohong.

Tetapi tahukah anda sejarah penggunaan kata Hoax? atau kapan kira-kira kata Hoax ini mulai digunakan di kalangan pengguna internet. Awalnya, kata hoax muncul pertama kali pada kalangan pengguna internet di Amerika. Hoax didasarkan pada sebuah judul film drama Amerika yang berjudul The Hoax (2006).

Film "The Hoax" ini disutradarai oleh Lasse Hallström yang diadaptasi dari Novel dengan judul sama dan isinya tentang biografi Clifford Irving. Anehnya, begitu banyak kejadian yang diuraikan oleh Irving dalam bukunya tetapi diubah atau dihilangkan dari cerita film.  Menanggapi hal tersebut Irving sempat berkata "Produser film mempekerjakan saya sebagai penasihat teknis film, tapi dalam plot naskah terakhir tidak sesuai dengan novel aslinya." Dengan alasan ketidaksesuaian isi novel dan naskah film maka Irving meminta namanya dihapus dalam credit filem The Hoax.

Mulai saat itu, film the hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan sehingga kalangan netizen di Amerika pun ramai menggunakan istilah Hoax untuk menggambarkan suatu kebohongan. Hingga saat ini, kata hoax sudah familiar dan sering digunakan di seluruh dunia.