Cara Menuliskan @[123:] pada Komentar atau Status Facebook

Anda pernah di suruh teman untuk menuliskan karakter @[123:] di komentar facebook? angka 123 bisa saja berupa  bulan dan tanggal lahir atau nomor HP. Kurang lebih kalimatnya,

Percaya nggak percaya ini fakta. 3 angka terakhir nomor HP anda adalah nama seseorang(kadang bisa aja di bilang nama jodoh anda, atau nama anda di kehidupan lain), jika tidak percaya silakan tulis 3 angka terakhir nomor hp anda di komentar seperti ini
contoh: @[123:]

Ketika kita ketikkan di komentar/status facebook @[123:], maka secara otomatis akan berubah(auto replace) menjadi Morgan Grice. Kenapa bisa seperti itu? hal ini dikarenakan facebook secara otomatis mengambil nama pengguna berdasarkan nomor id profil yang berada dalam tanda [ ] (kurung siku/square bracket). Profile id=123 adalah milik Morgan Grice. Untuk membuktikannya dapat anda cek langsung dengan mengunjungi alamat facebook Morgan di http://facebook.com/profile.php?id=123 dengan otomatis juga akan dialihkan ke alamat facebook https://www.facebook.com/morgan.grice.3 dan nama pengguna akun facebook tersebut adalah Morgan Grice.

Secara teknis, manipulasi url (melalui .htaccess dan konfigurasi web server) sudah umum dan harus di terapkan untuk mempermudah pengguna untuk mengingat user id dan menjadikan sebuah website search engine friendly (di sukai mesin pencari). Facebook menggunakan username unik dalam bentuk huruf untuk mempermudah pengguna dalam mengingat username, tetapi sebenarnya username setiap pengguna juga tersimpan di database dalam bentuk angka berurut. Jadi ketika login, kita bisa saja menggunakan username berupa profile id, username, email atau no. telp sewaktu mendaftar akun facebook.

Sekarang saya cuma mengetahui username facebook saya. Bagaimana cara mengetahui nomor profile id saya? caranya gampang, kunjungi link berikut:

https://graph.facebook.com/?id=kai.pengkah.nin.mu.ka.aku.pangani.jangmu.jebang.e ganti username saya "kai.pengkah.nin.mu.ka.aku.pangani.jangmu.jebang.e" dengan username anda, maka akan ditampilkan  nomor profile id anda.

Nah, dari pada semakin jauh ngelantur. kita kembali ke topik. Bagaimana cara menuliskan @[123:] pada komentar atau status facebook? 

Caranya sebagai berikut:
Jika anda menggunakan handphone, smartphone atau perangkat yang akses facebook versi mobile maka anda cukup mengetikkan di status atau komentar facebook:  @[3:@[123]:]  hasilnya akan otomatis berubah menjadi @[123:]

Jika anda mengakses facebook versi desktop (menggunakan komputer PC atau laptop) maka terlebih dahulu anda harus akses facebook versi mobile di alamat http://m.facebook.com kemudian ketikkan @[3:@[123]:] di status atau komentar anda.

 
...


KDM on Facebook