Ingin Menghemat Pemakaian Kuota Internet? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

Sejalan  dengan makin banyaknya aktivitas yang dilakukan menggunakan smartphone (HP, Tablet ataupun perangkat Gadget lainnya) maka kebutuhan akan paket data atau kuota internet juga semakin bertambah. Namun anda harus cermati, jangan sampai kebutuhan paket data internet ini membuat anda semakin boros.

Sekarang ini, paket data yang disediakan provider internet dapat anda pilih berdasarkan kebutuhan. Biasanya ada yang bersifat unlimited(tidak terbatas dari segi kuota) dan ada juga yang bersifat limited(terdapat batasan kuota). 

Ilustrasi pemakaian kuota internet(int)
Kedua pilihan tersebut juga sebenarnya memiliki batasan kuota pemakaian wajar. Yang membedakan antara kedua paket tersebut adalah, jika paket unlimited, pengguna masih tetap dapat terhubung ke internet selama batas waktu yang diberikan namun jika sudah melebihi kuota wajar akan memiliki kecepatan yang berbeda(koneksi semakin lambat). Paket Kuota (limited) maksutnya koneksi internet akan langsung terputus jika pemakaian sudah mencapai kuota yang diberikan.

Ini artinya, apapun jenis paket internet yang anda gunakan haruslah tetap hemat dan disesuaikan pemakaiannya berdasarkan tempat, waktu dan kebutuhan sehingga koneksi internet anda tetap lancar dan tidak menggerus isi kantong. 

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya pemakaian internet adalah dengan menghubungkan smartphone anda ke WiFi disaat tengah berada di tempat yang menyediakan WiFi Gratisan.

Jika anda tidak selalu berada pada lokasi yang menyediakan WiFi gratisan, maka tips dibawah ini dapat anda lakukan untuk menghemat pemakaian kuota internet.

Selalu pantau pemakaian data
Sebelum melakukan penghematan pemakaian kuota, sebaiknya anda mengetahui jenis kegiatan apa saja yang biasanya anda lakukan di internet. Apakah kuota anda banyak terpakai disaat menonton video online, bermain game, mengakses media sosial ataukah disebabkan sering mendowload(aplikasi, file,mp3, film, game, dll). 

Dengan smartphone berbasis Sistem Operasi(OS) Android, iOS ataupun Windows Phone anda dapat dengan gampang mengetahui aktivitas tersebut. Umumnya terdapat menu pada bagian pengaturan/setting yang dapat menampilkan berapa besaran data yang sudah dipakai serta aplikasi apa saja yang mengkonsumsi data tersebut. 

Selain aplikasi bawaan pada menu pengaturan tersebut, ada pula aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengkalkulasi konsumsi data anda. Salah satu contohnya, pada OS berbasis Android dapat anda gunakan aplikasi yang bernama Ovavo Count yang fungsinya untuk mengetahui pemakaian data.

Setelah anda mengetahui aplikasi apa sajakah yang mengkonsumsi data paling banyak, pasti anda akan lebih gampang mengatur kapan menjalankan/menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya, hanya membuka Path pada saat tersambung dengan WiFi gratisan atau pada jam tertentu disaat provider memberikan bonus kuota internet  dan diluar itu anda hanya menggunakan Messenger.

Nonaktifkan up-date automatis aplikasi
Up-date automatis memang membuat anda senantiasa dapat memperoleh aplikasi paling baru tanpa mesti ribet. Namun, apabila tidak terkendali maka fitur ini akan menjadi semacam jebakan yang selalu menghabiskan kuota anda.

Coba bayangkan, disaat anda tidak melakukan kegiatan apapun menggunakan smartphone tetapi tiba-tiba tanpa anda sadari ada beberapa aplikasi yang melakukan update automatis. Kita anggap update-an satu aplikasi sebesar 20MB, jika update yang sedang berlangsung sebanyak lima aplikasi maka anda akan kehilangan kuota internet sebesar 150MB, dan itu hanya untuk keperluan update aplikasi.

Jadi, sebaiknya nonaktifkan saja fitur update automatis pada aplikasi yang anda gunakan. Opsi update aplikasi dapat anda ubah ke manual ataupun anda dapat melakukan update manual disaat terhubung ke WiFi.

Kurangi aktivitas download aplikasi 
Ukuran besar file suatu aplikasi sesungguhnya beragam, tak semuanya memiliki ukuran besar. Tetapi, apabila Anda termasuk orang yang suka bermain game, sebaiknya cermatilah ukuran file game yang didownload. Kerapkali game dengan tampilan grafis tiga dimensi (3D) memiliki file yang berukuran besar. Contohnya, Contract Killer besutan Glu Mobile, yang memiliki ukuran file installer sekitar 300MB.

Bukan hanya itu, terkadang setelah game terinstall masih ada juga data pendukung yang harus di download dan ketika selesai proses instalasi bisa-bisa total keseluruhan data yang terpakai mencapai 1GB. Jumlah penggunaan kuota sebesar itu tentu saja mengkonsumsi banyak kuota internet anda, apalagi aktivitas (download game) tersebut sering anda lakukan.

Nah solusinya, apabila anda memang harus melakukan aktivitas mendownload game seperti itu maka sebaiknya gunakan koneksi WiFi  atau lakukan download dan install game pada saat anda berada pada tempat yang menyediakan WiFi Gratis.


Bertindak bijak jika menonton video online
Streaming video di YouTube saat tengah di perjalanan memanglah mengasyikkan, namun janganlah kaget apabila aktivitas ini menjadikan kuota data Anda cepat habis. Menonton video online merupakan satu diantara banyak aktivitas di internet yang menghabiskan kuota yang besar. 

Apabila ingin menghemat kuota data Anda, ada baiknya jauhi aktivitas ini. Alternatifnya, anda dapat mendownload video yang ingin di tonton disaat berada pada lokasi yang menyediakan WiFi gratis, kemudian Anda dapat menontonnya disaat tidak terkoneksi ke WiFi.
 
Gunakan broswer yang mengkompresi data
 
Beberapa  browser mempunyai kemampuan bawaan yang automatis melakukan kompresi data. Fitur kompresi ini begitu bermanfaat bagi anda yang kerap browsing di internet. Jadi, sebaiknya gunakan browser yang memiliki fitur kompresi data. 

Contoh browser yang mempunyai fitur kompresi data adalah Google Chrome dan Opera Mini. Keduanya memakai server mereka sendiri untuk mengompres data website yang dikunjungi pengguna kemudian akan mengirimnya dalam bentuk data yang telah diperkecil(compress) 

Demikian beberapa tips sederhana untuk menghemat kuota internet, jika anda memiliki tambahan lain, silakan isikan pada kolom komentar ya.