Ribuan Pengungsi Korban Erupsi Gunung Sinabung Masih Tetap Tinggal Di Posko Pengungsian

Sampai pada awal tahun 2016 ini, para korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Ta­nah Karo masih menempati posko pengungsian yang tersebar  di sembilan titik posko. Hingga saat ini masih tercatat jumlah pengungsi sekitar  2.592 kepa­la keluar­ga ataupun 9.324 jiwa.

Pengungsi yang berada di posko pengungsian berasal dari Desa Mardinding, Desa Sukanalu, Desa Ku­ta Gugung, De­sa Kuta Rayat, Desa Kuta Tengah, Desa Singgarang-Garang, Desa Jeraya, Dusun Lau Kawar, Desa Pin­tu Be­si serta Desa Ti­ga Pancur. (baca juga: Surat terbuka dari Tanah Karo(Sinabung) untuk Presiden RI Joko Widodo )

Para Pengungsi belum dapat dipu­lang­kan ke desa masing-ma­sing serta harus tetap tinggal di posko pengungsian. Hal ini dikarenakan aktivitas Gu­nung Sinabung masih cendrung  tinggi serta desa yang di tinggali warga pengungsi merupakan zona berbahaya yang dilalui lahar dingin dan jalur awan panas.
Pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung(int)
Seperti dikutip dari harian analisa(senin,1/2/2016), sampai sekarang ini, PVMBG juga belum menu­run­kan status Gu­nung Sinabung yang masih berada dalam status level IV(awas). Se­bagaimana disebutkan Budi, seseorang tenaga penga­mat dari Gunung Gede yang di­perbantukan ke Kab. Karo untuk melakukan pengamatan terhadap aktivitas Gunung api Sina­bung.

Lihat juga: Foto-foto Desa Korban Erupsi Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terus-terusan erupsi serta guguran awan panas kerap berlangsung. Dengan melihat aktivitas Gunung Sinabung yang tetap intens, PVMBG belum dapat turunkan status. Hal itu juga yang mengakibatkan warga serta pengunjung tidak diperbolehkan mendekati dan masuk zona merah pada radius 3-7KM jalur awan panas.

Para pengungsi Gunung Sinabung menyebar di sem­bilan titik posko yang berada di Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Sim­pang Empat, Kecamatan Kabanjahe, Kecamatan Brastagi serta Tong­koh. BPBD Karo memasti­kan bahwa para pengungsi erupsi Gunung Sinabung ma­sih tetap membutuhkan Bantuan.

Mari ikut berperan: Aksi Solidaritas Warga Karo Dunia Maya(KDM) untuk Korban Erupsi Gunung Sinabung

Kebutuhan pengungsi an­ta­ra lain, pem­pers anak dan bayi, makanan bergizi tambahan untuk ibu menyusui dan anaknya dan per­lengkapan man­di serta mencuci paka­ian dan sebagainya. (analisadaily. com)