Kesulitan Berhenti Merokok? Ini Penyebab dan Solusi Untuk Berhenti Merokok

Anda seorang perokok seperti saya? pernah memiliki niat untuk berhenti merokok? Pasti sangat kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Apa sih sebabnya kita kesulitan untuk berhenti merokok? Penyebab paling utama yang mengakibatkan para perokok sulit untuk lepas dari rokok adalah kecanduan nikotin. 
Nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki efek kecanduan yang sangat besar sehingga tidak heran jika para perokok selalu mengeluh sulit sekali untuk berhenti merokok. Disaat seseorang merokok, maka partikel-partikel nikotin yang terkandung dalam rokok akan masuk ke dalam paru-paru. Nikotin tersebut akan diserap oleh darah, layaknya oksigen yang dihirup ketika bernapas. Perjalanan nikotin dalam darah akan sampai ke otak dan kemudian mengaktifkan hormon dopamin untuk dilepaskan.

Dopamin merupakan zat kimia yang membuat seseorang merasakan sensasi enak, tenang dan nyaman. Kecanduan akan rasa tenang dan nyaman tersebut yang membuat para perokok kesulitan untuk berhenti merokok. Ketika seorang pecandu rokok berusaha untuk berhenti merokok, maka biasanya akan mengalami gejala seperti sakit kepala, badan bergetar, pusing-pusing, badan terasa lemah, batuk, mulut terasa kering, insomnia bahkan dapat menimbulkan frustasi.

Selain karena kecanduan nikotin, para perokok kesulitan berhenti merokok disebabkan beberapa hal berikut ini.

Kebiasaan merokok (tahunan)
Sesuatu kebiasaan yang sudah berjalan lama akan sangat sulit sekali untuk diubah dengan kebiasaan baru. Misalnya kita dari dulu terbiasa makan nasi kemudian tiba-tiba disuruh makan kentang, tentu saja akan terasa aneh di badan dan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi. Begitu juga dengan kebiasan merokok, meninggalkan kebiasaan tersebut membuat kita akan seperti kehilangan sesuatu di tubuh kita.  Solusinya, cobalah untuk mengalihkan perhatian dan menyibukkan diri dengan kegiatan lain seperti olah raga ataupun bisa juga dengan cara sering-sering bersantai di area yang bebas rokok.

Berada di lingkungan perokok
Perasaan erat akan timbul sewaktu berkumpul dengan teman sambil merokok. Bahkan berbicara dengan orang yang baru dikenal pun tidak akan menjadi masalah ketika Anda memulainya dengan meminjam korek api atau lighter. Ketika berhenti merokok, perasaan dikucilkan dari lingkungan dan teman-teman sesama perokok juga akan menghantui kita. Dengan menghentikan kebiasaan merokok berarti memutuskan hubungan dengan para perokok sehingga kita merasa kehilangan kesempatan untuk memiliki banyak koneksi dan teman baru.

Agar dapat keluar dari lingkungan perokok, maka anda harus mencari teman yang punya keinginan sama untuk berhenti merokok. Mulailah dengan menggeluti hobby dan kegiatan yang anda sukai untuk mengisi waktu luang. Dari hobby tersebut, lama kelamaan anda akan memiliki teman baru sehingga anda dapat keluar dari lingkungan para perokok.

Steve Wood, seorang terapis pengobatan nikotin di St Helena Center for Helath, Napa Valley, California berkata, “Mintalah kepada teman Anda untuk tidak merokok di sekitar Anda dan tidak menawarkan rokok kepada Anda. Dengan cara seperti itu, Anda bisa fokus pada penyembuhan diri untuk berhenti merokok. Melihat keinginan kuat Anda untuk berhenti, siapa tahu saja teman-teman Anda akan takjub dan mulai ikut berhenti merokok".

Menganggap rokok sebagai teman sejati
Peran rokok bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan smartphone. Sama-sama bisa menghibur dan membuat kita merasa lebih tenang dan nyaman. Sebagian orang berpendapat bahwa dengan merokok dapat menimbulkan ide baru, rokok juga dianggap sebagai penghilang mati gaya, rokok adalah mood booster yang selalu efektif untuk meredakan kegelisan maupun masalah yang baru saja dialami sehingga tidak salah juga jika rokok dianggap teman sejati yang selalu siap menemani. Solusi untuk mengilangkan kebiasaan ini adalah percaya diri. Anda harus percaya bahwa anda bisa melakukan sesuatu karena usaha dan kerja keras anda sendiri, bukan karena bantuan rokok.

Itu dia beberapa penyebab yang mebuat kita kesulitan untuk berhenti merokok. Cara seperti apapun tidak akan berhasil jika tidak dibarengi oleh NIAT yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Sekali orang mengenal rokok, maka sebagian besar hidupnya akan dihantui perasaan ingin merokok. Awalnya mereka menikmati rasanya memegang rokok, lama kelamaan akan terasa janggal jika tidak ada rokok di tangannya. Jadi, kalau anda bukan perokok, jangan pernah mencoba-coba untuk merasakan rokok.