Waspada! Jangan Makan Gorengan Sambil Minum Kopi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gorengan? Makanan yang satu ini pasti tidak asing lagi ditelinga anda. Gorengan juga banyak dijadikan cemilan di sore hari, bahkan di pagi hari sarapan dengan gorengan ditemani secangkir kopi menjadi menu yang benar-benar nikmat dan sulit untuk dihilangkan.

Namun tahukah Anda bahaya yang menanti dibalik kenikmatan tersebut? Ternyata, kebiasaan makan gorengan sembari minum kopi begitu membahayakan bagi kesehatan. Sebuah riset membuktikan bahwa efek negatif terhadap kesehatan akan ditimbulkan jika kita memakan gorengan sambil minum kopi karena kebiasaan tersebut dapat memicu tingginya gula darah pada tubuh sehingga Anda rentan terserang diabetes.
Gambar sarapan gorengan beserta kopi (google images)
Dalam riset ini, para peneliti meminta peserta studi untuk mengkonsumsi makanan berlemak, kemudian setelah enam jam para peserta di suruh memimum minuman bergula. Umumnya, tubuh akan memproduksi insulin menetralisir gula dari darah.

Namun hasil riset ini menunjukkan, jika sudah mengkonsumsi makanan berlemak maka tubuh kurang maksimal dalam menghasilkan insulin sehingga tingkat kadar gula dalam darah 30 persen lebih tinggi dibanding peserta riset yang tidak mengkonsumsi makanan berlemak.

Bagian riset yang lain, setelah memakan makanan berlemak, 5 jam kemudian para peserta diminta untuk meminum dua cangkir kopi. Hasilnya kandungan gula dalam darah meningkat hingga 65 persen. (baca juga: Tips mudah memutihkan gigi yang kuning)

"Hal tersebut membuktikan bahwa dampak makanan tinggi lemak dapat berlangsung hingga berjam-jam," ungkap Marie Soleil Beaudoin dan Terry Graham, tim peneliti dari University of Guelph, seperti ditulis the globe mail.

Para peneliti mengungkapkan bahwa gorengan memiliki kandungan lemak jenuh yang menyebabkan tubuh kesulitan untuk memberihkan gula darah. Dengan mengonsumsi gorengan saja dapat menyebabkan tingginya gula darah didalam tubuh, ditambah sambil meminum kopi maka kadar gula dalam darah bakal naik dua kali lipat.

Walaupun sudah melewati beberapa jam setelah makan gorengan, minum kopi dapat menimbulkan tingkat kesulitan bagi tubuh untuk melakukan pembersihan gula darah. Gula yang berada di dalam darah dalam periode waktu yang lama akan menimbulkan beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung serta rusakya arteri.(trbn)