Air Terjun Dua Warna di Sibolangit

Air Terjun Dua Warna terletak di desa Durin Sirunggun, Kec. Sibolangit, Kab. Deliserdang, Sumatera Utara. Lokasi Air terjun Dua Warna berada persis di area kaki Gunung Sibayak. Disebut sebagai Air terjun dua warna karena air terjun ini memang memiliki dua gradiasi warna yang berbeda. Air yang tertampung  dari pancuran bagian bawah berwarna putih keabu-abuan sedangkan air terjun yang jatuh tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. 
Dari sisi ilmiah, perbedaan warna pada air terjun ini dikarenakan airnya yang mengandung fosfor dan belerang sehingga ketika mandi dan bermain di Air Terjun Dua Warna tidak disarankan untuk meminum airnya. Disamping warna airnya, suhu yang dingin pada air yang berwarna biru dan suhu hangat pada air yang berwarna putih keabu-abuan juga menjadi keunikan tersendiri pada Air Terjun Dua Warna. 


Akses Air Terjun Dua Warna.
Perjalanan dari kota Medan, anda dapat menggunakan transportasi umum jurusan Medan-Kabanjahe dan berhenti di Bumi Perkemahan Sibolangit. Lama perjalanan dari kota Medan ke bumi perkemahan Sibolangit memakan waktu 1 jam (sekitar 50km). Setibanya di Bumi Perkemahan Sibolangit, Anda harus bersiap untuk penjelajahan selanjutnya dengan berjalan kaki. (baca juga: Air Terjun Namu Belanga di Rumah Galuh)

Perjalanan yang harus dilewati berupa hutan lebat, tanjakan, arah menurun serta beberapa sungai kecil yang harus di lintasi. Walaupun begitu, tidak usah khawatir karena di sepanjang jalan Anda akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk arah yang sengaja diperuntukkan bagi para wisatawan demi mempermudah perjalanan.

Saat hampir memasuki wilayah  air terjun anda akan diminta retribusi senilai Rp. 25ribu untuk perawatan lokasi sekitar objek wisata. Untuk Anda yang sama sekali belum pernah berkunjung ke Air Terjun Dua Warna, ada baiknya menggunakan Jasa jasa pemandu wisata (tour guide) untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak di dinginkan seperti tersesat atau kehilangan arah. Anda dapat meminta jasa pemandu lokal dengan tarif Rp. 100ribu hingga Rp. 300ribu.(gosumatra)

Berikut ini beberapa foto-foto Air terjun dua warna yang kami dapatkan dari google images dan gosumatra(klik gambar untuk memperbesar)