Inilah Isi Sila Garuda Pancasila yang Benar!

Beberapa waktu yang lalu, para netizen dihebohkan oleh tingkah Zaskia Gotik yang tidak tahu isi pancasila. Bahkan dalam acara musik yang ditayangkan salah satu TV swasta tersebut,  Zaskia menyebutkan bahwa lambang sila kelima adalah bebek nungging. Pernyataan Zaskia tersebut tentu saja menuai cibiran oleh para netizen. (baca: Berkata Sila ke Lima adalah Bebek Nungging! Zaskia Gotik di Hujani Cibiran para Netizen)

Kemarin (selasa,12/4/2016), Polisi juga menciduk Sahat S Gurning warga Desa Tangga Batu, Parmaksian, Kab. Toba Samosir dikarenakan melakukan penginaan terhadap lambang negara. Tindakan Sahat lebih konyol lagi, dia memposting foto di sosial media dengan menunjukkan tindakannya yang sedang menendang lambang negara. Dalam foto tersebut, Sahat menambahkan catatan di fotonya

Penghinaan Lambang negara(tribunnews)
"PANCASILA" itu hanya "LAMBANG"  Negara Mimpi, yang benar adalah PANCAGILA.
1. Keuangan Yang Maha Kuasa,
2. Korupsi Yang Adil Dan Merata,
3. Persatuan Mafia Hukum Indonesia,
4. Kekuasaan Yang Dipimpin Oleh Nafsu Kebejatan Dalam Persekongkolan dan Kepurak-Purakan,
5. Kenyamanan Sosial Bagi Seluruh Keluarga Pejabat dan Wakil Rakyat.
Hal tersebut jelas yang memancing kemarahan para netizen. (baca: Bertingkah Lebih Konyol Dari Zaskia Gotik, Sahat Diringkus Polisi

Yang jadi pertanyaan bagi saya, kenapa musti lambang negara dijadikan bahan candaan?, apakah kita memang sudah tidak ingat lagi isi sila-sila dalam pancasila?, kalau memang protes terhadap kebijakan, kinerja aparatur negara, kenapa musti lambang negara dijadikan pelampiasan?  Ah...apapun itu latar belakangnya hanya mereka lah yang tau! Semoga saja kedepannya tindakan yang dilakukan Zaskia dan Sahat ini tidak terulang lagi.

Hanya sekedar mengingatkan kita, Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta dan terdiri dari dua kata. Pañca artinya lima dan śīla berarti prinsip atau asas dan tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. (baca juga: Negara Jepang saja menghormati Jenderal Soedirman, tapi anak ABG ini seenaknya mengacungkan jari tengah)

Pancasila juga dijadikan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lebih jelasnya, berikut ini isi kelima sila dalam Pancasila:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Walau dengan dilatar belakangi alasan apapun, merupakan suatu kekeliruan besar jika kita melakukan tindakan penghinaan terhadap lambang negara. (tribun)