Makin Terungkap Cara Menciptakan Ramuan Hidup Abadi Karya Newton

Bila Anda termasuk salah satu penggemar novel dan film Harry Potter, maka sudah pasti mengetahui yang namanya Philosopher Stone (batu bertuah). Menurut cerita di novel tersebut, batu ini dapat merubah timah jadi emas serta dapat menjadikan manusia hidup kekal. Ternyata, saat ini sudah terungkap salah satu bagian dari resep batu bertuah yang pernah diracik oleh ilmuwan penemu gravitasi, Sir Isaac Newton.
Catatan/menuskrip yang ditulis oleh Sir Isaac Newton(dailymail)
Sebuah yayasan yang bernama Chemical Heritage Foundation (CHF) asal Amerika beberapa waktu terakhir berhasil membeli manuskrip atau catatan yang ditulis sendiri oleh Newton. Dalam catatan yang berusia sekitar 400 tahun tersebut, tertulis tahap-tahap untuk membuat philosophic mercury/sophick atau dikenal juga dengan sebutan "merkuri bertuah".

Seperti di dilansir dari dailymail, Sophick merupakan bahan utama pembuatan batu bertuah. 
"Sophick diperkirakan adalah bahan kimia yang dapat memecah logam, " tutur James Voekel salah satu peneliti dari CHF.

"Kuncinya yaitu proses memecah logam lalu membentuknya kembali menjadi logam lain, seperti halnya merubah timah jadi emas, " tambah Voekel.

Hal yang menjadikan para ilmuwan semakin yakin proses tersebut disebabkan dalam catatan berbahasa Latin itu, Newton menuliskan kalimat yang berbunyi, "Persiapan pembuatan merkuri bagian batu bertuah oleh Antimonial Stellate Regulus dari Mars dan Luna dari Manuskrip Filsuf Amerika ". Selanjutnya, manuskrip Newton itu diduga juga berisi kopian dari karya pakar kimia terkenal dari Amerika, George Starkey.

Walaupun selama ini dikenal sebagai ahli Matematika serta Fisika, Newton mulai sejak dahulu diketahui begitu tertarik dengan kimia. Terutama mulai sejak era pertengahan sampai abad ke-17 dan batu bertuah jadi misteri yang banyak disebut-sebut dalam ilmu kimia barat. (dailymail)