Mengenal Deep Web, Tempat Situs Situs Tersembunyi di Internet

Deep Web atau dikenal juga dengan Deep Net, Hidden Web, Invisible Web, Under Net, Dark Net dan lain-lain merupakan tempat bernaungnya situs-situs yang tidak terindeks oleh mesin pencari standard yang biasa kita gunakan seperti google, yahoo ataupun Bing. 

Seperti dilansir dari situs TheGuardian, dengan menggunakan mesin pencari standard yang biasa kita gunakan selama ini, hanya dapat mengakses sekitar 0.3% dari keseluruhan informasi yang ada di internet dan sisanya tidak terindeks oleh mesin pencari disebabkan dalam deep web menggunakan pegalamatan yang dinamis.

Semua alamat situs dalam deep web menggunakan ".onion" dan alamatnya dienkripsi, contohnya http://hss3uro2hsxfogfq.onion yang merupakan salah satu alamat wiki di dalam deep web.

Untuk mengakses Deep web dibutuhkan browser khusus, salah satu yang paling banyak digunakan adalah TOR (The Onion Router) Browser. Disaat browser deep web menggunakan TOR, maka pengguna akan menjadi anonim dan dialihkan masuk ke jaringan milik TOR yang sudah di enkripsi supaya tidak dapat di deteksi pihak manapun baik dari ISP maupun situs yang dikunjungi. (baca: Cara Akses Deep Web dengan TOR)

Di dalam Deep web diperkirakan menyimpan informasi berkisar 500 keli lebih besar dari pada jaringan web yang biasa kita akses atau yang terindex mesin pencari. Menurut riset yang pernah dilakukan Universitas California pada tahun 2001 jumlah kontent yang tersimpan dalam deep web sebesar 7.500 Terra Byte. Selanjutnya, pada pada tahun 2004 diperkirakan sekitar 300.000 situs yang berada dalam deep web.

Dalam jaringan tersebut juga terdapat lebih dari 200.000 situs yang dapat diakses secara bebas tanpa enkripsi dan sekitar 95% informasi dari website tersebut dapat diakses gratis dan tanpa registrasi. Deep web merupakan bagian terbesar dalam jaringan  dan menyimpan sekitar 500 milyar dokumen publik dan rahasia, jauh lebih besar dibandingkan jaringan internet biasa yang hanya sekitar 1 milyar dokumen.

Informasi yang tidak umun juga dapat ditemukan di deep web. Seperti identitas asli hacker internasional, data para ilmuwan yang bergerak dibidang non-kemanusian, gembong narkoba insternasional, pembunuh bayaran, ahli psiskis, revolusioner, dan lain sebagainya semua secara terang-terangan di tampilkan, pokoknya semua hal yang orang pada umumnya tidak menyangka akan ada dan nyata. Hal itu juga yang menyebabkan  Deep web dikenal dengan sisi gelap jaringan internet.