Objek Wisata di Tanah Karo: Air Terjun Sipiso-piso

Objek Wisata di Tanah Karo: Air Terjun Sipiso-piso
Di provinsi Sumatera Utara, Tanah Karo merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi objek wisata yang cukup menjanjikan, khususnya dalam wisata alam. Selain air terjun Sikulikap, terdapat juga air terjun Sipiso-piso yang banyak di minati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian 120 meter dan termasuk salah satu air terjun tertinggi di indonesia. Air Terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara. Secara geografis, letak desa Tongging berada di dataran lebih rendah dari Air Terjun Sipiso-piso yang berada di perbukitan. Air terjun Sipiso-piso berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus dan perbukitan yang hijau.

Objek Wisata di Tanah Karo - Air Terjun Sipiso-piso-1
Penamaan air terjun ini memiliki ciri khas suku karo, Sipiso-piso berasal dari kata piso yang artinya pisau. Derasnya kucuran air terjun yang berjatuhan dari bukit diperumpamakan seperti terberbilah-bilah pisau yang tajam. Kemudian, curamnya jurang yang dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari tanah karo.

Untuk menuju ke Air Terjun Sipiso-piso, terlebih dahulu anda akan disuguhi indahnya pemandangan Tanah Karo dari puncak bukit yang merupakan titik pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit ini juga dapat disaksikan pemandangan danau toba, danau vulkanik terbesar di dunia. 

Selanjutnya, untuk menjelajahi Sipiso-piso dari dekat, maka anda harus menyusuri punggung bukit yang melalui ratusan anak tangga kecil yang telah disediakan untuk turun dan mendekati air terjun Sipiso-piso Jajaran anak tangga yang telah dipersiapkan itu merupakan jalan utama yang paling aman. 
Objek Wisata di Tanah Karo - Tangga menuju Air Terjun Sipiso-piso


Perjalanan menggunakan anak tangga ini akan memakan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai dasar air terjun. Dalam perjalanan tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah sambil berfoto-foto dengan latar belakang Danau Toba.

Sesampainya di bawah air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit kecil dibarengi dengan suara gemuruh percikan ribuan butiran air yang memantul dari titik jatuhnya air.

Lokasi Air Terjun Sipiso-piso

Objek Wisata Air Terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten. Karo Sumatra Utara. Kecamatan Merek terletak kurang lebih 25 KM dari Kota Kabanjahe.

Akses ke Air Terjun Sipiso-piso

Dari Kota Medan, anda dapat menggunakan bus umum yang berlokasi di Padang Bulan dengan tujuan kota Kabanjahe dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, maka perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 25 Km.

Fasilitas dan Akomodasi di Air Terjun Sipiso-piso

Fasilitas seperti lahan parkir dan warung tempat makan cukup memadai di air terjun Sipiso-piso. Untuk penginapan Anda dapat temukan di desa Tongging dan kota Kabanjahe. Oleh-oleh dan souvenir juga tersedia langsung di tempat wisata ini.