Objek Wisata di Tanah Karo: Gunung Sibayak

Objek Wisata di Tanah Karo: Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu objek wisata di dataran tinggi karo yang paling banyak di minanti oleh para pecinta alam. Sekitar tahun 1995 hingga tahun 2002, setiap minggunya Gunung Sibayak menjadi salah satu objek wisata di tanah karo yang selalu dipenuhi oleh para pendaki gunung. Para pecinta alam yang mendaki Gunung Sibayak umumnya berkelompok dan terdiri dari mahasiswa, pelajar, komunitas, relawan dan masyarakat umum yang berasal dari kota Medan sekitarnya. 

Rute pendakian Gunung Sibayak melewati hutan belantara tropis dan tebing yang penuh tantangan serta di puncak gunung terdapat hamparan dataran sebagai tempat berkemah. Dari puncak gunung terlihat kawah yang masih aktif mengeluarkan magma dan pemandangan bebatuan yang indah dan menawan. 

Pemandangan bukit dan bebatuan di puncak Gunung Sibayak menjadi keunikan tersendiri sehingga menarik wisatawan yang senang menguji adrenalinnya untuk berusaha menaklukkan Gunung Sibayak hingga mencapai puncaknya. 

Pada pagi hari, pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Sibayak akan membuat anda takjub. Kilauan sinar matahari yang menerpa wajah akan memberikan suasana hangat menggantikan dinginnya udara saat pendakian dan perkemahan. 

Para wisatawan yang mengunjungi Gunung Sibayak umumnya melakukan pendakian pada malam hari ataupun menjelang dini hari sehingga sesampainya di puncak sudah menjelang pagi. Rasa letih menuju puncak akan tergantikan dengan sunrise yang tinggal menunggu beberapa jam. 

Di puncak Gunung Sibayak terdapat kawah belerang yang luasnya mencapai 40.000M dan menjadi tempat favorit para pendaki sebagai objek berfoto.
Objek Wisata di Tanah Karo: Gunung Sibayak

Lokasi Gunung Sibayak

Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo tepatnya di kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Secara administratif, hutan alam pegunungan sibayak masuk dalamTaman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan. Posisi koordinat puncak Gunung Sibayak berada pada 97°30’BT dan 4°15’LS.

Akses Gunung Sibayak

Dari kota Medan menempuh jarak sekitar 65 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai ke kota Berastagi. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua, roda empat ataupun bus umum yang banyak tersedia di seputaran padang bulan (Medan). Terdapat dua alternatif untuk mendaki gunung Sibayak, melalui Berastagi dan desa Semangat Gunung.

Harga Tiket Pendakian Gunung Sibayak

Untuk melakukan pendakian anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang pada pintu masuk lokasi pendakian gunung sibayak.

Fasilitas dan Akomodasi

Berhubung posisi Gunung Sibayak berada di kota Berastagi, maka anda tidak usah mengkawatirkan mengenai akomodasi. Terdapat banyak penginapan dan bungalow serta hotel yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anda. Pada malam hari, sepanjang jalan di kota berastagi juga menyajikan kuliner dan siang harinya anda dapat menikmati buah-buahan segar dipajak buah berastagi.